Kamis, 24 September 2020
Beranda Teknologi Tips n Trik Cara Mengatasi Fingerprint atau Sidik Jari yang Error

Cara Mengatasi Fingerprint atau Sidik Jari yang Error

RANCAH POST – Saat ini sensor sidik jari atau yang disebut juga fingerprint memang masih sangat umum digunakan agar sistem kemanan smartphone tetap terjaga. Namun, kadang kala fingerprint tersebut mengalami gangguan atau error dan tak banyak orang mengetahui cara mengatasi fingerprint error tersebut.

Seperti yang diketahui jika fitur keamanan smartphone Android kini semakin canggih saja. Mulai dari adanya password dan juga pola gambar, kini para pengguna Android dapat membuka kunci ponselnya dengan menggunakan sidik jari.

Dan bahkan belum lama ini pengguna ponsel juga dapat membuka kunci smartphonenya secara otomatis hanya dengan melihat ke arah smartphone atau dengan menggunakan fitur yang diberi nama face unlock.

Namun masih disayangkan, tak semua smartphonee telah dilengkapi dengan fitur face unloack tersebut, dan fingerprint scanner masih menjadi pilihan yang masih banyak digunakan.

Fingerprint sendiri tentu tak akan lepas dari berbagai maslah. Kadang, fingerprint tersebut akan mengalami lemot pada saat akan membaca sidik jari penggunanya.

Untuk menghindari hal tersebut, maka berikut ini ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi fingerprint yang sewaktu-waktu error, antara lain:

Cara mengatasi fingerprint atau sidik jari yang error

Daftarkan jari yang sama lebih dari satu kali

Pemindai sidik jari pada smartphone mengizinkan penggunanya untuk mendaftarkan lebih dari satu ssidik jari untuk membuka kunci smartphone.

Akan tetapi, jika kamu ingin membuat sidik jari smartphone yang anti lemot, kamu harus bisa menggunakan cara mengatasi fingerprint error yang mudah satu ini yaitu dengan mendaftarkan sidik jari yang sama namun lebih dari satu kali.

Contohnya, kamu akan menambahkan sidik jari kamu dengan menggunakan jari telunjuk sebelah kanan untuk yang pertama. Lalu, untuk perekaman sidik jari dalam kondisi yang normal, yaitu dengan jari yang berada di tengah.

Kemudian untuk fingerprint yang kedua kamu dapat mendaftarkannya dengan menggunakan jari telunjuk bagian kanan, bedanya perekaman dapat kamu lakukan dengan posisi jari agak ke pinggir, ya.

Dengan begitu, di sini sistem Android akan mendeteksi jika sensor sidik jari yang baru akan ditambahkan dengan otomatis dan akan meningkatkan akurasi dari sebuah jari. Dan sangatlah disarankan untuk kamu menambahkan sidik jari yang sama sebanyak dua kali.

Menggunakan dua jari tangan

Cara mengatasi fingerprint error bisa kamu lakukan dengan menggunakan dua jari tangan, lho! Meski pada umumnya para pengguna smartphone terkadang hanya mendaftarkan satu sidik jari saja agar bisa membuka kunci ponselnya.

Padahal, dengan kamu mendaftarkan dua sidik jari, maka akan lebih mempermudah pengguna dalam membuka kunci saat sidik jari yang satu tengah dalam keadaan berkeringat atau basah.

Oleh karena itu, sangatlah disarankan untukmu menambahkan dua sidik jari, ya. Misalnya dengan menggunakan telunjuk kiri dan kanan. Kamu pun dapat membuat pemindai sidik jari lebih akurat dengan mendaftarkannya lebih dari satu kali, seperti langkah yang pertama.

Tambahkan sidik jari setelah mandi

Cara mengatasi fingerprint error yang satu ini mungkin terdengar sedikit aneh, namun tahukah kamu jika dengan menambahka sidik jari setelah mandi atau mencuci tangan pada saat itu jari kamu sedang dalam kondisi yang bersih sehingga perekaman akan lebih mudah untuk dilakukan.

BACA JUGA: Hal Yang Harus Dihindari Agar Fingerprint Smartphone Tetap Awet

Karena pada beberapa percobaan, para pengguna smartphone kadang kala menemui sidik jari yang susah untuk terekam karena kondisi sensor yang basah atau kotor. Pengguna bisa membersihkannya terlebih dahulu, lalu melakukan pendaftaran sidik jari kembali.

Nah, itulah yang cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi fingerprint yang error. Perlu kamu ketahui pula, jika beberapa smartphone Android biasnya hanya bisa mendaftarkan 5 jari saja, maka dari itu kamu harus menggunakannya dengan sebaik mungkin, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,963FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,262PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan