Hal Yang Harus Dihindari Agar Fingerprint Smartphone Tetap Awet

Hal Yang Harus Dihindari Agar Fingerprint Smartphone Tetap Awet
Hal yang harus dihindari agar fingerprint smartphone tetap awet, (IST/NET)

RANCAH POST – Sensor fingerprint merupakan salah satu inovasi dalam keamanan smartphone. Dengan memindai sidik jari, akses smartphone pun hanya khusus penggunanya saja.

Namun dari banyaknya kemudahan fingerprint ini, Anda harus merawatnya secara optimal. Sebab jika sensor pemindai ini rusak, Anda akan sulit memperbaikinya.

Bahkan diperlukan budget cukup besar agar sensor fingerprint ini kembali normal. Kerusakan sensor sidik jari ini kebanyakan karena air dan goresan.

Maka agar sensor pengaman ini tetap awet, kita harus tahu bagaimana cara merawatnya. Tahu apa saja hal yang harus dihindari dalam penggunaan sensor sidik jari juga mesti Anda lakukan.

Dengan pemindai yang awet, kinerja smartphone pun makin optimal dan terhindar dari kerusakan. Terlebih jika ponsel Anda termasuk mahal, maka diperlukan perawatan yang optimal agar tidak mudah rusak.

Nah, berikut ini ulasan lebih lanjut untuk berbagai hal yang harus dihindari agar fingerprint tetap awet.

Hal Yang Harus Dihindari Pada Fingerprint

1. Mendaftarkan terlalu banyak jari
Anda memang bisa mendaftarkan lebih dari satu jari untuk mengakses sensor sidik jari. Namun agar sensornya tetap awet, sebaiknya daftarkan sidik jari maksimal dua saja.

Jangan terlalu banyak karena akan menimbulkan masalah error. Jika Anda mendaftarkan lima jari sementara hanya menggunakan dua saja, maka sensor akan menampung data yang sebenarnya tidak berguna.

2. Memakai jari yang basah
Pastikan ketika menggunakan fingerprint menggunakan jari yang kering. Perangkat fingerprint juga termasuk media elektronik yang tidak toleran terhadap air.

Jika Anda habis mencuci tangan, pastikan jari Anda dilap secara bersih dan benar-benar kering sebelum memindai sidik jari.

Jika terus digunakan dengan jari basah, dikhawatirkan fingerprint akan mengalami kerusakan di bagian sensornya.

3. Memindai bagian tubuh selain jari
Selain jari, fingerprint memang bisa memindai bagian tubuh lainnya selama masih dilapisi kulit. Namun fungsikan sensor tersebut seperti mestinya.

Tetap pindai bagian sidik jari saja agar tidak menyebabkan error atau kerusakan pada fingerprint. Selain itu masalah error pada sensor sidik jari ini juga bisa Anda minimalisir dengan pemindaian sensor sidik jari secara normal.

4. Menggunakannya dibawah guyuran hujan
Meskipun smartphone Anda anti air, namun tetap gunakan ponsel dalam keadaan kering. Sebab fingerprint tetaplah perangkat elektronik yang tidak begitu toleran terhadap air.

Begitu pula jika dalam kondisi hujan. Fingerprint sensor bisa rusak karena air yang masuk ke celah-celahnya. Jika hal tersebut sering terjadi, efeknya akan mengakibatkan kerusakan pada sensor dan akan sulit diperbaiki.

5. Menggores fingerprint
Gagalnya fungsi sensor pada fingerprint bisa disebabkan karena goresan. Goresan walaupun sedikit saja juga bisa mempengaruhi kinerja sensor tersebut.

Jika sensornya rusak, fitur fingerprint pun akan sulit beroperasi. Pastikan kuku Anda pun tidak membuat fingeprint mudah tergores.

Letakan smartphone di tempat yang permukaannya datar dan di tas dengan kondisi tanpa benturan agar fingerprint aman dari goresan.

BACA JUGA: Fungsi Airplane Mode Yang Wajib Diketahui Pengguna Android

Demikian sejumlah hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada fingerprint smartphone agar tetap awet.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama