Fungsi Airplane Mode Yang Wajib Diketahui Pengguna Android

0
Fungsi Airplane Mode Yang Wajib Diketahui Pengguna Android
Fungsi airplane mode yang wajib diketahui pengguna Android. (IST/NET)

RANCAH POSTAirplane mode juga dikenal dengan sebutan mode pesawat. Dari namanya, mode pesawat berarti sebuah pengaturan smartphone agar sesuai dengan kondisi pesawat. Sebab sistem informasi pesawat terbang akan terganggu jika ada sambungan nirkabel lain.

Maka dari itu pengguna smartphone wajib mematikan perangkatnya ketika pesawat take-off atau mengaktifkan mode satu ini. Namun jarang yang tahu apa fungsi lain dari mode pesawat ini.

Dari segi kinerja yang memutus segala sambungan nirkabel, ternyata mampu memberikan sejumlah manfaat lain bagi ponsel.

Misalnya lebih hemat daya, isi ulang baterai lebih cepat, memperkuat sinyal, sampai mempercepat kinerja Android.

Banyak sekali fungsi mode pesawat yang harus kita ketahui. Tujuannya agar penggunaan Android makin maksimal.

Nah jika Anda penasaran apa saja fungsi dari airplane mode ini, berikut beberapa ulasannya untuk Anda.

Berbagai Fungsi Airplane Mode

1. Menghemat baterai
Jika sedang dalam bepergian sementara baterai tinggal sedikit, Anda bisa mengaktifkan airplane mode. Mode satu ini akan membuat proses background yang notabene boros baterai akan terhenti.

Mode satu ini bisa Anda aktifkan sampai menemukan sumber listrik. Bagi yang sering bepergian ke tempat jauh, airplane mode juga bagus untuk memperkuat penerimaan sinyal.

2. Mempercepat isi ulang baterai
Jika ingin mempercepat isi ulang baterai tanpa mematikan perangkat, mode pesawat adalah solusinya. Airplane mode akan memutus sementara lalu lintas data seperti penggunaan koneksi internet, jaringan seluler, bluetooth, Wifi, hingga GPS.

Jika berbagai lalu lintas data di-nonaktifkan sementara, pengisian baterai akan lebih fokus karena lebih sedikit aliran daya yang dibutuhkan.

3. Menghindari gangguan
Agar tetap fokus berkendara, airplane mode bisa Anda gunakan. Mode pesawat ini bermanfaat untuk meredam bunyi, getaran dan berbagai notifikasi lainnya.

Tidak adanya notifikasi masuk untuk sementara begitu bagus untuk konsentrasi berkendara Anda.

Ponsel tetap dalam keadaan menyala tanpa adanya notifikasi. Baru selesai berkendara Anda bisa menonaktifkan mode pesawat ini.

4. Memperkuat sinyal
Jika jaringan sedang tidak terlalu bagus, cobalah aktifkan mode pesawat ini. Airplane mode yang aktif akan memutus semua jaringan sementara.

Jaringan yang terputus sementara akan kembali segar ketika Airplane mode dinonaktifkan. Alhasil penerimaan sinyal pun lebih kuat karena smartphone akan mencari jaringan baru.

5. Mempercepat Android
Lalu lintas data keluar dan masuk yang terlalu banyak membuat kinerja android melambat. Airplane mode yang aktif akan membantu meredam kinerja android beberapa saat.

Perangkat akan diistirahatkan dari lalu lintas data untuk sementara. Setelah di-nonaktifkan, android pun akan seperti segar kembali dan ponsel lebih cepat kinerjanya.

Secara tidak langsung, fungsi mode pesawat ini mampu mempercepat Android secara lebih praktis.

BACA JUGA: Cara Menghapus Virus di Android Tanpa Antivirus

Jadi tidak hanya berfungsi saat ada di pesawat saja. Airplane mode juga begitu banyak manfaatnya di keseharian kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here