Kamis, 2 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Masaknya Gampang, Inilah 7 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Masaknya Gampang, Inilah 7 Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan

Selain rasanya yang enak dan mudah dimasak, telur rebus ternyata punya segudang manfaat yang menyesehat dan baik untuk dikonsumsi.

Telur sering diolah dalam berbagai bentuk, ada yang digoreng, telur yang dimasak pakai bumbu seperti balado, semur sampai ada juga telur yang dikonsumsi hanya direbus.

Namun apapun itu, telur memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Untuk mendapat manfaat yang optimal, salah satu yang paling mudah yakni dengan hanya merebusnya saja.

Sebelum membahas beragam manfaatnya, beberapa waktu lalu media sosial sempat dihebohkan dengan berita hoaks yang menyebut bahwa ada seorang bayi baru lahir bisa berbicara dan membahas mengenai virus corona.

Menurut kabar bohong yang beredar itu, bayi tersebut berbicara tentang telur rebus untuk menangkal virus corona (Covid-19) yang saat ini semakin menyebar di Indonesia.

Namun berita bayi baru lahir bisa langsung berbicara itu ternyata hoaks. Kendati begitu telur rebus memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Telur Rebus

Apa saja manfaatnya? Berikut Rancah Post telah menyiapkanpembahasannya untuk Anda.

Menyehatkan mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin yang ada di dalam telur memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan zat yang ada dalam telur bisa menjaga kesehatan retina mata.

Kesehatan mata sangatlah penting, dengan mata yang sehat kita bisa beraktivitas dan melihat setiap keindahan di dunia ini.

Menjaga kesehatan mata juga sangat diperlukan, apalagi bagi orang yang sudah lanjut usia dan rentan mengalami penurunan kemampuan penglihatan.

Menjaga kesehatan rambut dan kuku

Manfaat telur rebus selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan rambut dan kuku. Hal tersebut karena kandungan sulfur dan vitamin D, mineral dan antioksidan yang membantu menumbuhkan rambut dan kuku yang sehat.

Rambut yang sehat dan indah tentu akan membuat Anda tampil menarik serta terbebas dari masalah-masalah rambut yang sering dikeluhkan orang-orang.

Meningkatkan metabolisme

Telur rebus mengandung kolin yang melancarkan proses pencernaan lemak dan sebagai pencegah menumpuknya lemak dalam tubuh.

Tak hanya itu, telur rebus juga bisa membuat kadar adiponectin meningkat, sehingga dapat meningkatkan metabolisme, melancarkan pencernaan lemak dan meningkatkan kemampuan tubuh ketika merespons insulin.

Memperkecil risiko terkena penyakit jantung

Risiko terkena penyakit jantung dapat berkurang dengan manfaat yang terkandung dalam telur rebus, yaitu kolesterol partikel LDL.

Meski kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol jahat, tetapi berdasarkan penelitian partikel LDL kecil lebih dominan punya risiko penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang punya partikel LDL besar.

Menurunkan berat badan

Ini cocok sekali bagi Anda yang sedang menjalani program menurnkan berat badan. Kenapa demikian? Ya, dengan mengkonsumsi telur rebus dapat memperpanjang waktu Anda merasa kenyang.

Menyehatkan otak

Telur rebus memiliki kandungan kolin yang mampu menjaga kesehatan otak. Kolin diperlukan untuk membangun membran sel dan membantu produksi molekul sinyal di otak, sehingga kinerja otak menjadi lebih baik.

Baik untuk kesehatan gigi dan tulang

Manfaat telur rebus selanjutnya baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Hal tersebut karena vitamin D yang terkandung di dalamnya.

Proses penyerapan kalsium dapat meningkat dengan kandungan vitamin D yanga ada pada telur rebus, selain itu dapat membantu mengatur kadar kalsium dalam darah.

Itulah sederet manfaat telur rebus yang baik untuk kesehatan Anda, namun sebaiknya jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan tapi secukupnya saja. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,407FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan