Rabu, April 1, 2020

8 Cara Menghilangkan Bau Petai di Mulut

Ternyata ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau petai di mulut setelah mengonsumsinya.

Seperti yang sudah kita ketahui petai memiliki aroma yang sangat khas, sehingga setelah selesai memakannya pun akan menimbulkan bau yang sama.

Petai sangat nikmat baik dikonsumsi secara langsung dengan nasi hangat dan sambal maupun dicampurkan dalam masakan tertentu, dijamin bikin makan semakin lahap.

Bagi beberapa orang penyuka petai, bau mulut yang disebabkan setelah makan petai itu bisa menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman bahkan berpengaruh terhadap rasa percaya diri.

Apalagi ketika berbicara dengan orang-orang dalam posisi yang dekat, aroma khas yang keluar dari mulut bisa membuat mereka sedikit terganggu.

Sehingga banyak pecinta petai yang berpikir dua kali untuk mengonsumsinya ketika hendak berpergian menemui teman, pacar, atau bahkan rekan kerja.

Padahal sebenernanya mereka sangat ingin mengonsumsinya. Supaya gak bikin bingung antara mau mengonsumsi atau tidak, kali ini Rancah Post telah menyiapkan beberapa cara menghilangkan bau petai pada mulut.

Cara Menghilangkan Bau Petai di Mulut

Berikut ini cara-cara menghilangkan bau mulut setelah makan petai agar Anda tidak perlu risau memakannya ketika hendak berpergian.

Menggosok gigi

Penyebab bau mulut bisa karena bakteri yang terdapat di bawah garis gusi dan plak-plak yang menumpuk pada gusi. Konsumsi petai ataupun jengkol dapat memperparah bau mulut yang terjadi.

Untuk menghilangkan bau mulut setelah makan petai, cobalah untuk menggosok gigi dengan benar usai memakan petai agar bakteri-baketri yang menyebabkan bau akibat sisa makanan menghilang.

Disarankan untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari. Lakukan dengan benar dan hindari kesalahan-kesalahan dalam menyikat gigi.

Membersihkan lidah

Selain menyikat gigi, menghilangkan bau petai di mulut bisa dengan cara membersihkan lidah. Perlu Anda ketahui, bakteri juga kerap betah tinggal dan berkembang biak di bagian belakang lidah.

Bagian belakang lidah biasanya memang luput dari pembersihan ketika menyikat gigi. Untuk itu, gunakan sikat lidah untuk membantu membersihkan residu petai yang menjadi penyebab bau muncul.

Gunakanlah sikat lidah dengan benar, dimulai dari belakang lidah lalu menggeseknya secara perlahan-lahan ke depan. Gerakan ini dapat membuat residu berwarna putih terangkat. Bilas dan ulangi cara ini sampai bersih.

Berkumur menggunakan obat kumur

Cara menghilang bau petai di mulut selanjutnya adalah dengan menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi dan flossing. Hindarilah menggunakan obat kumur secara berlebihan.

Obat kumur dapat membuat nafas menjadi lebih segar dan bakteri-bakteri dapat hilang sehingga bau petai pun bisa segera teratasi.

Air garam

Selain dengan obat kumur, air garam juga dipercaya bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bau petai di mulut. Cara yang satu ini sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Anda hanya cukup melarutkan satu sendok garam dalam satu gelas berisi air, setelah itu mulailah berkumur dengan air garam tadi selama beberapa saat. Barulah berkumur lagi dengan air hangat untuk membersihkan air garam yang tersisa.

Mengunyah kencur

Tak perlu repot untuk kalian yang suka makan petai tapi takut karena bisa bikin mulut bau, cukup dengan mengunyah kencur bau petai dapat hilang.

Kencur memiliki aroma dan rasa yang khas sehingga bau mulut dapat berkurang, hampir sama seperti mengunyah beras. Selain itu, antibiotik yang terkandung dalam kencur ampuh untuk membasmi bakteri di mulut.

Yogurt

Bagi pecinta yogurt dan petai ini merupakan kabar baik, karena bisa menghilangkan bau petai di mulut dengan cara minum yogurt.

Selain memiliki kandungan bakteri yang baik untuk usus, yogurt juga punya zat aktif yang bisa membuat bau mulut berkurang.

Apel dan pir

Kandungan air yang banyak terdapat dalam buah pir dan apel dapat membuat produksi air liur yang berfungsi menyeimbangkan kondisi alami mulut bertambah.

Dengan begitu bau mulut akibat mengonsumsi petai ataupun jengkol dapat berkurang. Anda tak perlu khawatir lagi dengan bau mulut setelah makan petai.

Minum susu

Setelah makan-makanan yang berbaju seperti petai, jangan lupa untuk selalu menyediakan susu sebagai cara menghilangkan bau petai di mulut dengan cepat dan mudah.

BACA JUGA: Cara Alami Mengatasi Bau Mulut dengan Minyak Kelapa

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan bau petai di mulut. Dengan beberapa cara tadi, Anda tidak perlu khawatir dengan bau yang ditimbulkan akibat makan petai. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,931FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,268PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan