Kamis, April 9, 2020

6 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil, Luar Biasa Banget!

Selain rasanya yang lezat dan nikmat ketika dikonsumsi, kacang hijau ternyata memiliki segudang manfaat yang luar biasa untuk ibu hamil.

Kacang hijau bisa diolah menjadi berbagai makanan seperti bubur kacang hijau, es kacang hijau dan lain sebagainya sesuai selera Anda.

Selain itu kacang hijau juga sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Ketika masa kehamilan, tentu Anda harus mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung gizi, vitamin yang baik untuk janin dan ibunya.

Pastinya semua orang menginginkan calon bayi dalam kandungannya tumbuh sehat dan berkembang dengan baik hingga pada saatnya nanti lahir ke dunia.

Kacang hijau bisa menjadi salah satu makanan yang Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari.

Lebih lanjut, di artikel kali ini Rancah Post akan memberikan pembahasan mengenai manfaat luar biasa bagi ibu hamil.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Apa saja manfaatnya? Langsung saja, berikut ini beberapa manfaat kacang hijau bagi ibu hamil.

Membuat kesehatan tulang tetap terjaga

Kacang hijau mengandung zat dan besi kalsium yang bekerja penting dalam perkembangan tulang janin yang Anda kandung. Sedang untuk sang ibu mengandung, zat besi dan kalsium dapat membantu mencegah masalah pada tulang, salah satunya osteoporosis.

Redakan gejala morning sickness

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil trimester pertama adalah membantu meredakan gejala morning sickness seperti mual dan muntah.

Hal tersebut bisa terjadi karena ada pemicunya, misalnya karena aroma tertentu, suhu panas dan lain sebagainya.

Untuk membantu meredakan gejala morning sickness Anda bisa dengan mengkonsumsi kacang hijau. Kacang hijau mengandung vitamin B yang bisa meredakan morning sickness dan baik untuk pencernaan.

Membantu proses penyembuhan luka menjadi cepat

Ketika seseorang sedang mengandung, momen yang paling ditunggu-tunggu adalah ketika proses persalinan, di mana janin yang selama ini dalam kandungan akan terlahir ke dunia.

Nah, pada proses ini ibu hamil rentan mengalami kerusakan pada sel utamanya di area jalan lahir. Untuk mempercepat proses penyembuhan luka, tubuh Anda memerlukan asupan protein yang cukup.

Kacang hijau salah satu makanan yang bisa dijadikan sebagai sumber protein yang sangat tinggi. Selain itu, protein juga tak kalah penting Anda konsumsi untuk pertumbuhan janin. Maka, kacang hijau juga baik dikonsumsi ketika awal masa kehamilan.

Mencegah anemia pada ibu hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil bisa mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia saat hamil sangat berakibat fatal karena bisa berisiko mengalami keguguran atau pendarahan ketika proses melahirkan.

Salah satu penyebab anemia saat hamil adalah kekurangan asam folat dan vitamin B12. Untuk membantu mencegahnya, Anda bisa mengkonsumsi kacang hijau karena kaya akan zat besi di dalamnya.

Seperti yang sudah kita ketahui, zat besi sangat dibutuhkan untuk mencegah timbulnya penyakit anemia karena berpengaruh dalam proses pembentukan hemoglobin darah.

Mengoptimalkan kesehatan otak janin

Kacang hijau mengandung zat thiamin atau vitamin B1 yang menjadi sumber energi selama hamil dan membuat kesehatan janin tetap terjaga.

Zat thiamin berperan dalam perkembanga otak janin dan menjaga kesehatan ibu selama masa kehamilan.

Mencegah bayi lahir prematur

Kacang hijau mengandung zat besi yang diperlukan untuk membantu dalam proses perkembangan plasenta dan janin. Apalagi ketika usia kandungan sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, zat besi yang dibutuhkan lebih besar lagi.

Itu dia teman-teman, beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Luar biasa, bukan? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,872FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan