Kamis, April 9, 2020

Bisa Diandalkan Untuk Redakan Depresi, Ini 7 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan

Buncis merupakan salah satu sayuran berwarna hijau cerah yang bentuknya hampir mirip seperti kacang panjang. Akan tetapi, sayuran ini berukuran lebih pendek dan bentuknya agak lebar. Nah, apakah Anda tahu apa sih manfaat buncis untuk kesehatan?

Jika Anda mengonsumsi buncis, Anda akan mendapatkan beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, karena buncis sangatlah terkenal dengan makanan sumber serat, folat, mangan, dan vitamin C yang sangat baik untuk tubuh.

Buncis juga sangat kaya akan mineral, terutama mangan. Kandungan mineral lain yang terdapat dalam buncis juga yakni kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan juga zink.

Dengan adanya berbagai nutrisi dan mineral yang terdapat dalam buncis ini dipercayai dapat membantu Anda dalam mengurangi dan mencegah berbagai kondisi kesehatan.

Berikut ini diantaranya beberapa manfaat buncis yang harus Anda ketahui.

Manfaat buncis untuk kesehatan

Baik bagi jantung
Meskipun tubuh manusia membutuhkan kolesterol bagi membantu pertumbuhan sel, asupan kolesterol yang terlalu banyak justru tak akan baik untuk tubuh. Karena jika kadar kolesterol dalam tubuh sangat tinggi akan mengakibatkan lemak di arteri yang menumpuk.

Dan jika dibiarkan secara terus-menerus hal tersebut akan mengurangi suplai darah ke dalam jantung dan otak. Akibatnya, Anda mungkin menjadi lebih mudah untuk terkena serangan jantung atau penyakit stroke.

Oleh karena itu, konsumsilah sayur buncis ini karena di dalamnya tak mengandung kolesterol sehingga sangat aman untuk Anda konsumsi bagi Anda yang sudah terlanjur mempunyai kolesterol tinggi.

Kandungan serat yang terkandung di dalamnya juga dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan juga kadar kolesterol total. Hal ini tentu sangatlah baik dalam menjaga kesehatan jantung Anda.

Meningkatkan kesuburan wanita
Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Harvard Medical School menemukan jika dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi bisa membantu dalam meningkatkan kesuburan wanita di usia produktif.

Dan selain itu, ternyata buncis termasuk ke dalam salah satu sayuran yang tinggi akan zat besinya. Sehingga manfaat buncis sangatlah baik untuk Anda yang ingin cepat hamil.

Agar tubuh bisa menyerap zat besi dengan sangat efektif, Anda pun harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang di dalamnya mengandung vitamin C, misalnya tomat, buah beri-berian, jeruk, mangga, dan masih banyak lagi.

Menjaga kesehatan janin
Manfaat buncis untuk ibu hamil juga sangatlah baik karena dalam buncis mengandung asam folat yang sangat baik dalam menjaga kesehatan janin pada awal-awal pertumbuhannya.

Terlebih lagi, asupan folat yang dibutuhkan sangatlah mendukung bagi pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Tak hanya itu saja, folat yang terdapat dalam buncis pun sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena bermanfaat dalam mencegah anemia.

Memperkuat tulang
Buncis juga sangatlah baik dalam memperkuat tulang Anda, lho! Hal ini disebabkan karena dalam satu cangkir sayuran ini mengandung kurang lebih 14 mikrogram vitamin K, atau dapat memenuhi sekitar 20 persen kebutuhan harian Anda.

Vitamin K sendiri berperan dalam mengubah protein dalam tulang, mengoptimalkan penyerapan kalsium, dan juga mengurangi ekskresi kalsium dari urin. Jadi tak akan heran jika seseorang yang kekurangan vitamin K sering dikaitkan dengan risiko patah tulang yang cenderung tinggi.

Bisa ditambahkan ke dalam menu diet
Manfaat buncis rebus untuk diet sangatlah baik bagi Anda yang tengah menurunkan berat badan dan buncis ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan terbaik.

Pasalnya, buncis sangatlah rendah akan kalori dan juga lemaknya, sehingga kandungan nutrisi tersebut bisa membantu Anda dalam menjaga berat badan tetap terkontrol.

Meredakan depresi
Mengonsumsi folat yang cukup bisa mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Homosistein sendiri merupakan molekul yang sangat dibutuhkan dalam mensintesis semua protein dalam tubuh.

Nah, jika Anda kelebihan homosistein justru akan menyebabkan terhentinya suplai dan nutrisi lain masuk ke dalam otak. Sehingga suplai darah yang menurun ke otak bisa mengganggu memproduksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin, yang semuanya berperan dalam mengatur suasana hati, keeinginan untuk tidur, dan juga nafsu makan.

Baik bagi sistem pencernaan
Dilansir dari Healthline, buncis termasuk ke dalam golongan makanan yang mempunyai kandungan FODMAP rendah, sehingga dipercayai bisa dinikmati oleh semua orang. Walaupun seseorang tersebut mempunyai riwayat pencernaan yang cukup kronis.

FODMAP atau singkatan dari Fermentable Oligo, Disakarida, Monosakarida, serta Poliol. Berbagai senyawa itu yaitu karbohidrat yang tak mudah dicerna atau dimetabolisme di dalam tubuh. Sehingga dapat mengakibatkan berbagai gangguan pencernaan seperti kembung, sakit perut, diare, dan juga sembelit.

Tak sampai disitu saja, mengonsumsi makanan yang tinggi akan FODMAP juga bisa semakin memperburuk kondisi pencernaan seperti sindrom iritasi usus (IBS) dan refluks asam lambung.

Nah itulah beberapa manfaat buncis yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsinya.

Akan tetapi perlu Anda ketahui, agar bisa mendapatkan manfaatnya Anda harus memperhatikan kesegaran dan cara pengolahan yang baik dan benar, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

106,873FansSuka
1,768PengikutMengikuti
1,271PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan