Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

Tidak hanya buah serta daunya, bunga pepaya juga ternyata punya manfaat yang baik untuk kesehatan dan sayang banget untuk dilewatkan.

Anda pernah mencoba bunga pepaya? Jika belum, bunga pepaya mempunyai cita rasa pahit yang khas sama seperti daunnya.

Kendati demikian, tak sedikit orang yang gemar dan kerap mengolah bunga pepaya menjadi makanan yang lezat, salah satunya ditumis.

Karena perlu Anda ketahui, bunga pepaya ini mengandung nutrisi seperti kalsium, fosfor, protein, zat besi dan lainnya.

Bahkan bunga pepaya juga kaya folat dan mempunyai antioksidan yang mampu mencegah oksidasi kolesterol.

Untuk lebih lanjut, kali ini Rancah Post telah menyiapkan beberapa manfaat bunga pepaya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Bunga Pepaya Untuk Kesehatan

Langsung saja, berikut ini beberapa manfaat bunga pepaya yang baik bagi kesehatan.

Memperlancar sistem pencernaan

Ketika mengalami beberapa masalah pencernaan, mungkin akan membuat aktivitas yang biasa Anda lakukan jadi terganggu.

Nah, masalah pencernaan dapat segera teratasi dengan mengkonsumsi bunga pepaya. Hal tersebut karena bunga pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi melancarkam sistem pencernaan serta konstipasi.

Mengobati penyakit diabetes

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa mengobati diabetes. Kadar gula darah dapat terkontrol dengan mengonsumi bunga pepaya.

Hal tersebut karena bunga pepaya diyakini dapat membantu membuat kadar insulin dalam tubuh menurun. Sama seperti buahnya, bunga pepaya juga bisa membantu menyembuhkan penyakit diabetes.

Membantu menurunkan kadar kolesterol

Tak jarang orang yang memiliki kolesterol tinggi tidak menyadari akan hal tersebut hingga membuat mereka mengalami penyakit yang serius, misalnya serangan jantung dan stroke.

Untuk itu, Anda harus rajin memeriksakan kesehatan ke dokter agar sejumlah penyakit yang bisa kapan saja menyerang tubuh bisa segera diketahui.

Selain itu, Anda juga harus menghindai beberapa makanan yang bisa menyebabkan risiko mengalami kolesterol tinggi meningkat. Karena seperti yang sudah kita ketahui, gaya hidup juga berperan penting dalam menjaga kesehatan.

Jika kolesterol sedang tinggi, Anda bisa menurunkannya dengan mengkonsumi bunga pepaya. Bunga pepaya mengandung folat dan antioksidan yang bisa mengurangi kolesterol jahat dan menajga kolesterol dalam tubuh stabil.

Membuat nafsu makan meningkat

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan bisa menjadi solusi ketika nafsu makan terus menurun, apalagi ibu-ibu yang risau karena buah hatinya tak mau makan.

Sebenarnya, bunga pepaya dijadikan sebagai penambah nasfu makan sudah dilakukan oleh orang Indonesia secara turun-temurun. Bunga pepaya bisa dikonsumsi dalam bentuk teh ataupun sebagai lauk ketika makan.

Melancarkan sirkulasi darah

Zat yang terkandung dalam bunga pepaya diperlukan untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Ini merupakan kabar baik bagi Anda yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi atau stroke, tekanan darah dapat kembali normal dengan rutin mengonsumsi bunga pepaya.

Mencegah reumatik serta peradangan sendi

Selain dimakan, bunga pepaya juga bisa dijadikan sebagai obat oles untuk mencegah reumatik dan peradangan sendi, walau memang bukti medisnya belum banyak.

Cara mencegah reumatik serta peradangan sendi dengan bunga pepaya sangat mudah, cukup dengan menumbuknya sampai halus lalu dioleskan ke bagian tubuh yang terasa nyeri. Diamkan dulu beberapa saat selama 20 menit hingga rasa sakit mulai reda.

Itu dia, teman-teman beberapa manfaat bunga pepaya untuk kesehatan. Sedekar tips tambahan, untuk menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya kalian bisa menggunakan beberapa metode, salah satunya dengan meremasnya pakai garam lalu di rebus dengan daun jambu. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,198FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan