Sabtu, 11 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Buah duku ternyata memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Kendati demikian, masih banyak saja orang yang belum mengetahuinya.

Rasanya yang unik membuat orang-orang gemar memakannya tanpa pernah mereka ketahui bahwa duku memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Bentuk buah duku ini mirip seperti buah langsat atau kokosan, sehingga masih banyak orang yang kurang cermat dalam mengenalinya.

Buah duku sangat mudah ditemukan di Indonesia, apalagi ketika musim panen, banyak pedangan yang menyediakan buah berkulit kuning ini. Duku juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat yang cocok disantap bersama keluarga di rumah.

Lalu, apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Kali ini Rancah Post telah menyiapkan beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah duku.

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Langsung mari kita simak berikut ini beberapa manfaat buah duku bagi kesehatan.

Mencegah anemia

Menurut beberapa penelitian, manfaat buah duku bisa membantu Anda terhindar dari risiko terserangnya penyakit anemia. Hal tersebut karena kandungan zat besi di dalam buah duku yang berguna untuk meningkatkan sel darah merah.

Meski dapat mencegah anemia, bagi Anda yang mempunyai tekanan darah tinggi disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan, cukup dengan beberapa buah saja.

Membuat sistem pencernaan tetap terjaga

Sistem pencernaan yang baik akan membuat tubuh Anda juga sehat dan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit. Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, buah duku bisa menjadi solusinya.

Mengapa demikian? Ya, karena buah duku memiliki kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan sehingga meminimalisir terjadinya sembelit.

Dapat membantu mengatasi penyakit diabetes

Manfaat buah duku untuk kesehatan dipercaya mampu mengatasi diabetes atau kadar gula darah yang terlalu tinggi. Hal itu karena duku memiliki senyawa alami yang bisa membuat kadar gula darah menurun sehingga kadar gula darah dapat terkontrol.

Menjadi pengusir nyamuk yang alami

Seperti yang sudah kita ketahui, gigitan nyamuk dapat menyebabkan seseorang terserang sejumlah penyakit, mulai dari yang ringan seperti gatal-gatal, sampai penyakit yang serius seperti demam dan malaria.

Tak hanya buahnya, kulit buah duku juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan Anda. Mengapa demikian? Ya, karena aroma kulit duku tidak disukai oleh nyamuk. Otomatis kulit duku bisa mengusir nyamuk secara alami, sehingga akan mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Memantu meredakan demam

Ketika mengalami demam tinggi tentu akan membuat aktivitas Anda terganggu karena kondisi tubuh yang sakit. Namun tak perlu khawatir, dengan memanfaatkan kandungan vitamin C yang ada di dalam buah duku, dipercaya dapat membatu Anda meredakan demam, dan flu.

Mengandung antioksidan alami yang berlimpah

Buah duku dikenal sebagai sumber antioksidan yang alami, salah satunya polifenol. Hal tersebut berdasar sebuah studi yang mengatakan jika buah duku mengandung antioksidan yang hampir sama dengan pisang dan pepaya.

Kandungan antioksidan ini bermanfaat untuk membantu tubuh melawan radikal bebas yang bisa membuat sel-sel rusak, menjadi penyebab timbulnya penyakit, dan penuaan dini.

Menjaga rambut tetap sehat dan kuat

Manfaat buah duku juga ternyata bisa untuk kesehatan dan kecantikan, seperti menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Hal ini karena buah duku mengandung vitamin C yang bisa membuat kulit kepala sehat dan mencegahnya dari beberapa masalah rambut, seperti kerontokan.

Tak hanya itu, protein yang terkandung di dalamnya juga mampu memperkuat akar rambut serta meningkatkan kualitas rambut. Dengan mengkonsumsi buah duku, kulit kepala akan ternutrisi dari dalam.

Nah, itu dia beberapa manfaat buah duku untuk kesehatan. Meskipun punya banyak khasiat, namun konsumlilah secukupnya jangan sampai berlebihan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,369FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan