Selasa, 7 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan 7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Rambut Mudah Rontok

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Rambut Mudah Rontok

Tanpa Anda sadari terkadang ada beberapa kebiasaan sepele yang sering dilakukan sehingga membuat rambut menjadi rusak dan mudah rontok. Sebaiknya, segeralah ubah kebiasaan itu.

Kegiatan menyisir rambut mungkin menjadi sangat menyebalkan. Bagaimana tidak, setiap menyisir rambut Anda yang rontok menjadi berserakan di lantai.

Akan tetapi, kerontokan rambut itu sebenarnya wajar-wajar saja dan normal apabila rambut yang rontok tida melebihi 50-100 helai perharinya. Jika sudah melebihi, Anda harus waspada.

Setiap orang pastinya ingin memiliki rambut yang sehat dan terbebas dari beberapa masalah seperti, ketombe, rambut kering dan rambut rontok. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, sering kali mereka rela mengeluarkan biaya untuk perawatan ke salon.

Perawatan kecantikan yang Anda lakukan akan semakin maksimal jika menghindari beberapa kebiasaan yang tanpa sadar sering Anda lakukan sehingga menyebabkan rambut mudah rontok.

Apa saja kebiasaan itu? Kali ini Rancah Post telah menyiapkannya untuk Anda, terutama pada ladies yang selalu ingin punya rambut sehat supaya percaya diri tetap terjaga.

Kebiasaan Yang Membuat Rambut Rontok

Langsung saja, berikut 5 kebiasaan sepele yang sering Anda lakukan dan menyebabkan rambut jadi mudah rontok.

Salah memilih sampo

Kulit kepala dan rambut yang dimiliki setiap orang tentunya berbeda. Maka dari itu, setiap orang juga harus pintar dalam memilih sampo yang cocok digunakan untuk kulit kepalanya.

Mungkin sepele, tapi jika salah memilih sampo dapat mengakibatkan rambut rontok, bahkan muncul ketombe yang bikin penampilan Anda terganggu.

Jika sekarang Anda mengalami kerontokan yang cukup parah, coba periksa lagi apakah sampo yang digunakan sudah tepat atau belum.

Terlalu sering keramas

Manfaat keramas memang bisa membersihkan segala kotoran dan debu yang terperangkap pada rambut serta kulit kepala. Dengan keramas kulit kepala kita akan bersih dan sehat.

Namun perlu Anda ketahui, terlalu sering keramas justru bisa membuat rambut menjadi kering dan mudah rapuh sehingga kerontokan pun terjadi.

Jarang atau terlalu sering keramas dapat berdampak tidak baik untuk rambut, maka sebaiknya Anda keramas sebanyak 3 atau 4 hari sekali.

Menyisir rambut ketika masih basah

Kebiasaan yang membuat rambut rontok selanjutnya adalah menyisir ketika rambut dalam kondisi yang masih basah. Hal ini karena ketika rambut masih basah, akar rambut menjadi lebih rapuh dari sebelumnya.

Selain itu, terlalu keras saat menggosok rambut dengan menggunakan handuk juga dapat memperburuk kerusakan kutikula rambut.

Menggaruk kepala terlalu keras

Jangan salah, kebiasaan sepele ini mungkin tanpa sadar sering Anda lakukan. Menggaruk kepala terlalu keras dapat menimbulkan kerusakan pada kutikula dan membuat rambut Anda menjadi mudah rontok.

Memakai alat penata rambut terlalu sering

Untuk membuat penampilan semakin cantik atau tampan, penggunaan alat penata rambut seperti hair dryer, cantokan, dan pengeriting rambut sering mereka lakukan.

Akan tetapi, jika terlalu sering menggunakannya dapat membuat rambut menjadi mudah rontok karena panas yang dihasilkan oleh alat penata rambut bisa merusak protein rambut.

Kutikula rambut pun tidak terlindungi karena protein rambut merusak, sehingga kelembapan kulit kepala dan rambut berkurang dan rambut rentan mengalami kerontokan.

Mengikat rambut terlalu kencang

Setiap orang punya selera berbeda-beda dalam menata rambut, ada yang dibiarkan terurai panjang atau ada yang suka diikat. Nah, kali ini khusus bagi Anda yang suka mengikat rambut, sebaiknya jangan mengikatnya terlalu kencang.

Kebiasaan mengikat rambut terlalu kencanglah yang bisa membuat rambut mudah rontok. Hal tersebut karena mengikat rambut dengan kencang dapat memberikan tekanan secara berlebih pada folikel rambut, dan tidak baik untuk kesahatan folikel rambut.

Cara menyisir rambut yang salah

Kerontokan akan semaki parah jika Anda menyisir rambut dari atas ke bawah, terutama ketika rambut kusut. Sebaiknya sisirlah rambut bagian bawah terlebih dahulu sampai tidak kusut lagi, barulah mulai menyisir dari atas.

Itulah kebiasan-kebiasaan sepele yang membuat rambut mudah rontok. Bagaimana, apakah Anda sering melakukan kebiasaan tersebut?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,389FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan