Minggu, 31 Mei 2020
Beranda Berita Berita Tasikmalaya Ada Kesultanan Selaco di Tasikmalaya yang Berdiri Sejak Tahun 2004

Ada Kesultanan Selaco di Tasikmalaya yang Berdiri Sejak Tahun 2004

Berita Tasikmalaya, RANCAH POST – Setelah beberapa waktu lalu publik heboh dengan adanya Keraton Agung Sejagat yang berdiri di Purworejo, kini kembali terungkap sejumlah kerajaan lain yang ada di Indonesia.

Kesultanan Selacau Tunggul Rahayu (Selaco) namanya. Kesultanan tersebut diketahui berdiri di Kampung Nagara Tengah, Desa Cibungur, Kecamatan Parung Ponteng, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Kesultanan tersebut diklaim sudah ada sejak 16 tahun silam, tepatnya pada tahun 2004.

Diketahui yang raja memimpin Kesultanan tersebut bernama Raden Rohidin Patra Kusumah (40) yang memiliki gelar Sultan Patra Kusumah VIII. Menurutnya, ia merupakan keturunan ke-9 dari kerajaan Padjadjaran era kepemimpinan Raja Surawisesa.

Dalam potret yang beredar di media sosial, di kawasan kesultanan tersebut tampak seperti sebuah istana keraton, terdapat gapura dan bangunan-bangunan lainnya.

Bangunan-bangunan di dalamnya berdiri kokoh dan dominan memiliki cat warna hijau serta ornamen warna emas. Selain itu, ada juga beberapa prasasti dan makam para leluhur di wilayah istana.

Melansir dari Kumparan.com, keberadaan Kesultanan Selacao lokasi berdampingan dengan pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Menurut pengakuan Rohidin selaku pemimpin, ia mengatakan sudah mempunyai pengakuan fakta sejarah dari Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada tahun 2018 lalu sebagai warisan kultur budaya peninggalan sejarah Kerajaan Padjadjaran di kepemimpinan Surawisesa.

Kesultanan Selaco memiliki kabinet sejak tahun 2019 lalu dan membuat struktur organisasi serta menunjuk pemimpin setingkat menteri sampai kabupaten.

Bahkan, dirinya punya izin pemerintahan kultur. Semua yang tercantum dalam struktur organiasasi memiliki tugasnya masing-masing.

Lebih lanjut Rohidin mengatakan bahwa Kesultanan ini merupakan upayanya untuk melestarikan budaya, bukan negara di dalam negara dan mereka tetap sebagai warga Negara Indonesia. Kini, Kesultanan Sealco berdiri dalam bentuk yayasan.

BACA JUGA: Hadirnya Keraton Agung Sejagat di Purworejo Bikin Publik Geger

Berbeda dengan Keraton Agung Sejagat yang meminta iuran kepada seluruh pengikutnya, Kesultanan Selaco diklaim mampu membuat sejahreta pengkutnya tak terkecuali pejabat kesultanan. Hal tersebut karena mereka mempunyai pendanaan sendiri melalui Sertifikat Phoenix dari luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,631FansSuka
1,822PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan