Senin, 1 Juni 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 6 Cara Sederhana Mencegah Flu dan Batuk

6 Cara Sederhana Mencegah Flu dan Batuk

Ketika musim hujan mulai tiba, penyakit yang mudah sekali muncul adalah flu dan batuk. Untuk itu, Anda harus tetap menjaga kesehatan dan mengetahui cara mencegah flu dan batuk.

Beberapa gejala yang sering menandakan seseorang akan mengalami flu, seperti sering bersin-bersin, sakit kepala, tenggorokan mulai gatal dan lain sebagainya.

Meskipun penyakit ini sering dianggap sepele, namun jika dibiarkan dan tidak diobati akan membuat si penderita merasa tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Apalapi kalau sedang musim hujan, penyakit flu dan batuk bakal mudah menyerang banyak orang. Selain itu, penyakit ini mudah sekali menular.

Banyak cara mengobati flu dan batuk agar bisa segera sembuh, namun mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sudah tahu belum, apa saja cara-cara agar flu dan batuk tidak menyerang Anda? Kalau belum, di artikel kali ini Rancah Post telah menyiapkan pembahasannya.

Cara Mencegah Flu dan Batuk

Berikut ini 6 cara mudah mencegah flu serta batuk, langsung saja mari kita simak.

Rutin mencuci tangan dengan sabun sampai bersih

Flu dan Batuk dapat dengan mudah menular, bisa dari udara, percikan batuk atau bersin penderita dan lain sebagainya.

Untuk itu, mencuci tangan hingga bersih bisa menjadi salah satu cara ampuh agar Anda tidak tertular flu dan batuk. Jangan lupa, bersihkan tangan menggunakan sabun dan lakukan dengan cara yang benar.

Perlu Anda ketahui, tangan merupakan tempat ternyaman untuk kuman dan bakteri penyebab penyakit berkembang. Untuk itu, rajinlah mencuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar.

Jika keadaan tidak memungkinan Anda untuk mencuci tangan dengan air, hand sanitizer bisa jadi solusi cepat sebagai pembersih tangan.

Jaga jarak untuk sementara dengan mereka yang mengalami flu dan batuk

Mencegah lebih baik daripada mengobati, cara tepat yang bisa Anda lakukan agar flu dan batuk tidak menyerang adalah jaga jarak dengan mereka yang sedang terserang penyakit tersebut.

Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa terhindar dari penyebaran virus flu yang bisa menyebar melalui percikan bauk atau bersin penderita. Jangan berlebihan untuk menjauhinya, tapi usahakan untuk sedikit berjarak dengannya.

Apabila tidak memungkinan untuk menjaga jarak dengan mereka yang mengalami flu dan batuk, Anda bisa menggunakan masker sebagai solusi masalah ini. Dengan menggunakan masker, dapat meminimalisir virus yang bisa kapan saja masuk melalui saluran nafas.

Jaga pola makan dan minum air putih yang cukup

Sistem imun akan meningkat dengan selalu menjada pola makan. Sistem imun yang baik dapat menjadi salah satu cara mencegah kita dari virus flu dan batuk. Makanlah makanan yang bergizi dan baik untuk tubuh, jangan lupa juga untuk minum air putih secara cukup agar tubuh tidak dehidrasi.

Jangan merokok dan batasi minum alkohol

Kebiasaan-kebiasaan tersebut lebih baik Anda tinggalkan agar tubuh tetap sehat. Selain dapat memudahkan Anda terserang flu, merokok dan minum alkohol juga dapat memicu penyakit yang lainnya datang.

Hal tersebut karena asap rokok dapat mengeringkan saluran di hidung dan bisa mempengaruhi fungsi rambut halus yang melapisi hidung dan paru-paru.

Tak hanya bagi si perokok, kita yang berada di sekitar asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melawan bakteri penyebab flu.

Hampir sama seperti halnya merokok, minum alkohol secara berlebihan juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh lemah. Maka, infeksi, flu dan penyakit lainnya dapat dengan mudah menyerang tubuh.

Olahraga

Manfaat olahraga bisa jadi cara kita untuk mencegah flu dan batuk. Dengan berolahraga, daya tahan tubuh kita bisa meningkat sehingga penyakit flu dan batuk dapat dicegah.

Sistem kekebalan tubuh yang baik dapat membuat kesehatan terjaga meskipun ada virus yang berhasul masuk ke dalam tubuh. Tak perlu yang sulit, cukup melakukan olahraga ringan, seperti senam, bersepeda joging dan lainnya.

Istirahat dan tidur yang cukup

Seharian beraktivitas dan kita merasa sangat lelah dan memerlukan istirahat. Dengan beristirahat dan tidur yang cukup akan membantu tubuh tetap fit keesokan harinya. Kekurangan waktu tidur dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Itu dia, 6 cara mencegah flu dan batuk agar tidak menyerang Anda. Menjaga kesehatan itu sangat penting, karena dengan tubuh yang sehat dan stamina yang baik, kita bisa menjalani segala aktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,631FansSuka
1,822PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan