Minggu, 31 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Ciri-ciri Vagina yang Sehat

Ciri-ciri Vagina yang Sehat

Menjaga area kewanitaan tetap sehat itu sangat penting. Ada beberapa ciri-ciri yang bisa menandakan kalau vagina atau miss V Anda dalam kondisi yang sehat.

Sebelum mengetahui ciri-ciri miss V yang sehat, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat Anda mengalami masalah di daerah kewanitaan, seperti munculnya bau tak sedap.

Salah ketika memakai celana dalam, malas mencuci vagina, jarang mengganti pembalut ketika menstruasi, tidak mengeringkannya secara benar, dan terlalu lama mengenakan baju renang basah bisa menjadi beberapa kebiasaan sepele penyebab vagina berbau tidak sedap.

Untuk itu, agar vagina tetap terjaga kesehatannya, usahakan untuk memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik seperti menggunakan pakaian dalam yang tepat, menjaga keseimbangan pH alami vagina, membersihkannya dengan benar dan lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui juga, ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan miss V dan ada juga yang tidak. Makanan sehat seperti buah pisang, yogurt, jagung, bayam, alpukat dan masih banyak yang lainnya mengandung vitamin yang baik untuk miss V.

Selanjutnya, makanan dan minuan yang membuat miss V bau tak sedap adalah makanan dengan kadar gula tinggi, kopi, minuman berkafein, alkohol, bawang putih dan lain-lain.

Kenapa sih, menjaga kesehatan vagina itu penting? Tentu yang pertama adalah membuat Anda terbebas dari penyakit, dan yang kedua khusus bagi Anda yang sudah menikah adalah membuat suami merasa senang.

Nah, itu dia sekilas tentang penyebab organ intim bau, makanan yang menyebabkan vagina berbau tak sedap dan makanan yang baik untuk miss V.

Mungkin Anda merasa penasaran, bagaimanakah ciri-ciri miss V yang sehat? Tak usah berlama-lama di artikel kali ini kami telah menyajikannya untuk Anda.

Ciri-ciri Vagina yang Sehat

Berikut ini 6 ciri-ciri organ intim Anda dalam keadaan sehat. Langsung saja, mari kita simak bersama-sama.

Tidak terasa sakit

Vagina yang dalam kondisi sehat tentu tidak akan terasa sakit. Namun berbeda dengan yang tidak sehat, jika muncul rasa sakit yang teramat tak tertahankan segeralah periksakan kesehatan Anda ke dokter. Kenapa demikian? Ya, takutnya nyeri pada miss V tersebut adalah gejala dan tanda-tanda awal dari penyakit tertentu.

Tidak gatal

Seperti yang sudah kita bahas tadi, menjaga kesehatan vagina itu penting. Rutin mengganti celana dalam, membersihkan vagina dengan benar bisa mencegah Anda dari rasa gatal di area organ kewanitaan.

Apabila mengalami rasa gatal bisa jadi ada gangguan pada organ intim. Karena ciri-ciri vagina yang sehat dan normal tidak akan terasa gatal yang tidak wajar. Jika muncul rasa gatal, disarankan untuk selalu waspada dan periksakan kesehatan ke dokter karena rasa gatal yang muncul bisa menjadi tanda-tanda infeksi pada vagina.

Keputihan yang terjadi tetap normal

Hampir semua wanita tentu sering kali mengalami yang namanya keputihan atau keluarnya cairan dari vagina, tak perlu khawatir karena hal tersebut memang wajar terjadi.

Keputihan biasanya muncul ketika mendekati waktu menstruasi. Akan tetapi, ada yang perlu diwaspadai ketika keputihan yang terjadi tidak normal seperti ditandai dengan adanya bau tak sedap, cairan yang keluar berwarna hijau dan kental juga dibarengi dengan rasa sakit dan gatal bisa jadi vagina Anda tidak sehat.

Aroma yang khas

Aroma vagina yang khas pasti dimiliki oleh setiap wanita dan berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Ciri-ciri vagina yang sehat yakni mengeluarkan bau yang agak asam, seperti cuka dan bisa tercium dari jarak sekitar 30 sentimeter serta tidak tercium bau busuk.

Sebaliknya, Anda patut waspada jika miss V mengeluarkan bau yang tidak sedap bisa jadi organ intim Anda dalam keadaan yang tidak sehat.

Tingkat kelembapan yang pas

Dari tingkat kelembapannya, vagina yang sehat dan normal akan terasa hangat dan lembap ketika diraba. Namun bila kondisinya kering, biasanya hal tersebut terjadi pada perempuan yang sudah menopause.

Tidak ada benjolan

Vagina yang sehat dan normal tidak akan mempunyai benjolan dan luka iritasi. Kalau ada, sebaiknya Anda harus waspada karena adanya benjolan dan iritasi bisa menjadi gejala gangguan pada miss V.

Itu dia, 6 ciri-ciri vagina yang sehat dan normal. Jika ada sesuatu yang dianggap tak wajar terjadi pada organ intim, segera periksakan ke dokter. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,634FansSuka
1,820PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan