Kamis, 9 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Mengobati Kuku Cantengan dengan Mudah

Cara Mengobati Kuku Cantengan dengan Mudah

Cara mengobati kuku cantengan dengan baik dan benar harus Anda ketahui. Karena sekarang ini tak perlu ribet, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Masalah ini muncul diakibatkan masuknya kuku ke dalam daging sehingga mulai membengkak dan timbul infeksi. Kesalahan saat memotong kukulah yang menyebabkan kuku menjadi cantengan.

Mungkin Anda sering melakukan beberapa kebiasaan saat memotong kuku dan ternyata kebiasaan itu adalah salah, seperti memotongnya terlalu pendek sehingga kuku tumbuh ke dalam kulit.

Selain itu, hal yang menyebabkan kuku centengan adalah memakai sepatu terlalu sempit atau jari Anda menabrak sesuatu sampai cedera.

Kalau kuku cantengan harus segera diatasi, karena memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman akibat rasa nyeri, bengkak, kemerahan dan muncul nanah pada jari kuku yang terkena infeksi.

Namun, masih banyak orang yang menyepelekan hal tersebut sehingga membiarkan begitu saja karena tidak mau repot harus pergi ke dokter.

Jika demikian, tak perlu khawatir karena ada beberapa cara mengatasi kuku cantengan secara alami. Berikut Rancah Post telah menyiapakannya untuk Anda.

Cara Mengobati Kuku Cantengan

Langsung saja, mari kita simak cara-cara mengatasi kuku cantengan supaya cepat sembuh dan aktivitas pun kembali lancar.

Merendamnya di air hangat

Agar area jari yang cantengan tetap terjaga kebersihannya dan terbebas dari bakteri, merendam kaki di dalam air sabun bersuhu hangat bisa Anda lakukan.

Caranya sangat mudah, cukup menyiapkan wadah berisi air hangat lalu merendam kaki di dalamnya hingga empat kali dalam sehari selama 15 menit. Untuk menambah rasa nyaman Anda juga bisa menambahkan garam epson di dalamnya.

Tambahkan cuka apel ke dalam air hangat untuk berendam

Anda bisa menambahkan seperempat cangkir cuka apel ke dalam wadah berisi air hangat untuk merendam kaki selama 20 menit. Hal tersebut karena cuka apel mempunyai sifat antinyeri, antiradang dan antiseptik sehingga bisa menjadi salah satu cara mengobati kuku cantengan.

Pakai kapas atau kasa

Cantengan dapat segera terobati dengan menaruh gumpalan kapas di bawah batas kuku. Hal tersebut bisa membantu menggeser kuku bertumbuh ke arah semula.

Caranya, siapkan sepotong kapas atau kain kasar berukuran kecil dan digulung. Kemudian, taruh kapas dibagian bawah kuku yang masuk ke dalam dengan mengangkat ujung kuku secara perlahan.

Cara tersebut dapat mengurangi tekanan pada daging yang cantengan. Meski akan timbul sedikit rasa sakit, namun cara ini cukup efektif mengurangi nyut-nyut pada area yang terkena cantengan.

Mengoleskan minyak tea tree

Cara mengobati cantengan secara alami selanjutnya adalah dengan mengoleskan minyak tea tree pada bagian kuku tang terkena cantengan dan menutupnya dengan perban kasar.

Antiseptik yang terkandung dalam minyak tea tree bisa membantu mengurangi rasa sakit dan infeksi yang diakibatkan oleh kuku yang tumbuh ke dalam

Selain menggunakan minyak tea tree, Anda juga bisa mengoleksan minyak zaitun atau minyak kelapa pada kuku yang terkena cantengan.

Lebih bijak dalam memilih sepatu ketika kuku sedang cantengan

Sepatu memang menjadi salah satu benda yang bisa menunjang penampilan, apalagi wanita, menggunakan sepatu hak tinggi alias high heels membuat mereka lebih percaya diri.

Namun, hal tersebut perlu dihindari ketika kuku kaki Anda sedang mengalami cantengan agar infeksi segera sembuh.

Selain menghindari memakai sepatu hak tinggi ketika kuku cantengan, disarankan Anda juga untuk tidak memakai sepatu yang terlalu sempit agar tidak memberi tekanan yang lebih besar pada jari kaki yang cantengan.

Jika terus memaksa, maka rasa sakit dan cantengan tak kunjung sembuh. Oleh sebab itu, usahakan untuk menggunakan sandal atau alas kaki yang ukurannya longgar ketika kuku cantengan.

Bagaimana, mudah bukan? Kalau sudah melakukan cara-cara mengobati kuku cantengan di atas tapi tak kunjung sembuh, segeralah periksakan ke dokter agar infeksi tak semakin parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,376FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan