Kamis, 9 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Jangan Sampai Terlewat! Inilah 8 Manfaat yang Bisa Anda Peroleh dari Sarapan...

Jangan Sampai Terlewat! Inilah 8 Manfaat yang Bisa Anda Peroleh dari Sarapan Pagi

Sarapan pagi ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, apalagi bagi Anda yang sering sibuk dengan segudang aktivitas padat.

Namun sayangnya masih banyak orang menganggap sepele akan pentingnya sarapan pagi dan sering melewatkan hal tersebut karena belum tahu jika sarapan memang ada manfaatnya untuk kesehatan.

Banyak hal yang sering dijadikan sebagai alasan kenapa Anda tidak mau atau belum sempat sarapan, mulai dari sibuk menyiapkan segala sesuatu, kesiangan, sampai rasa malas yang menghampiri.

Padahal, sarapan sangat diperlukan ketika Anda ingin beraktivitas dan bisa mempengaruhi mood Anda ketika bekerja atau kuliah.

Coba simak beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika sarapan pagi, pasti setelah mengetahuinya Anda akan sangat mementingkan hal tersebut.

Manfaat Sarapan

Mengontrol Mood

Perlu Anda ketahui, orang yang selalu melakukan sarapan pagi akan memiliki mood yang bertambah baik dibandingkan dengan seorang yang tidak sarapan. Maka jangan ragu untuk sarapan pagi hari supaya Anda memiliki mood yang baik ketika beraktivitas.

Membantu mengatasi anemia

Menu sarapan pagi yang sehat serta memiliki gizi dan vitamin yang baik untuk tubuh sangat diperlukan, bahkan bisa mengatai masalah anemia. Kurangnya zat besi dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi makanan sehat tersebut.

Menurunkan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, sarapan pagi sangatlah penting dan jangan sampai terlewatkan. Hal ini karena sarapan pagi mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar gula darah.

Pilihlah menu sarapan yang sehat dan bergizi agar kadar glukosa tetap normal. Ada beberapa menu sarapan sehat yang baik untuk Anda yang memiliki diabetes adalah yang benyak mebgandung serat seperti gandum utuh, oat, dan roti gandum. Selain itu, jangan lupa untuk memilih produk susu rendah lemak untuk pelengkap sarapan pagi.

Menyehatkan sistem pencernaan

Sistem pencernaan yang baik dan sehat dapat membuat hari-hari yang Anda lalui menyenangkan. Jika ingin begitu, usahakanlah untuk sarapan pagi dan memilih menu yang mengandung serat.

Makanan yang mengandung serat dapat melancarkan buang air besar (BAB) sehingga sembelit dapat tercegah. Selain itu, manfaat sarapan pagi dengan menu makanan sehat yang mengandung serat dapat mengatasi radang lambung dan masalah pencernaan lainnya.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat sarapan pagi selajutnya adalah dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini karena ketika Anda sarapan pagi pada siang harinya tidak akan terlalu lapar.

Tentu saja, ini bisa menghindarkan Anda dari keinginan makan makanan terlalu banyak ketika makan siang. Pada saat tidak sarapan, Anda akan lebih mudah tergoda untuk makan makanan lain yang tinggi kalori tapi tidak mengenyangkan.

Membuat Anda lebih fokus

Aktivitas dan pekerjaan yang padat tentunya membutuhkan fokus yang tinggi pula. Dengan membiasakan diri untuk sarapan pagi, Anda akan lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan segala hal, pekerjaan atau sekolah bahkan kuliah.

Sebaliknya, jika Anda menyepelakan pentingnya sarapan pagi dan sengaja melewatkannya, kemungkinan daya pikir Anda dapat menurun. Jadi, masih mau melewatkan sarapan pagi?

Meningkatkan daya tahan tubuh pada stres

Seseorang yang tidak sarapan pagi dapat berisiko mengalami stres ketika bekerja. Sebaliknya bagi mereka yang mementingkan sarapan pagi terlebih dahulu akan lebih siap dalam menjalani aktivitas dan pekerjaan yang padat serta bisa lebih menikmatinya.

Membantu menurunkan berat badan

Manfaat sarapan pagi selajutnya adalah dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini karena ketika Anda sarapan pagi pada siang harinya tidak akan terlalu lapar.

Tentu saja, ini bisa menghindarkan Anda dari keinginan makan makanan terlalu banyak ketika makan siang. Pada saat tidak sarapan, Anda akan lebih mudah tergoda untuk makan makanan lain yang tinggi kalori tapi tidak mengenyangkan.

Itulah beberapa manfaat dari sarapan pagi untuk kesehatan tubuh. Bagaimana, setelah mengetahui manfaat-manfaatnya Anda masih mau melewatkan sarapan pagi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,377FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan