Minggu, 31 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

7 Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Buncis memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Namun, masing banyak orang yang belum mengetahui akan hal tersebut.

Sayuran berwarna hijau ini ternyata memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Bila dikonsumsi dengan jumlah secukupnya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Bagi yang gemar makan sup, bahan yang satu ini tentu tidak akan terlewatkan untuk menjadi salah satu bahan untuk menambah cita rasa kenikmatan sup buatan Anda.

Selain itu, buncis juga tidak mengandung kolesterol dan lemak yang merugikan, sehingga sangat baik bila dikonsumsi.

Lalu, apa saja manfaat dari buncis bagi kesehatan tubuh? Jika masih belum mengetahuinya, kali ini Rancah Post telah menyiapkannya untuk Anda.

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Berikut ini manfaat buncis yang baik untuk tubuh Anda, langsung saja mari kita simak.

Baik untuk kesehatan mata

Selain wortel, sayuran yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata adalah buncis. Hal tersebut karena buncis memiliki kandungan zat karotenoid yang berperan penting untuk mencegah degenerasi makula atau biasa disebut sebagai penuruanan penglihatan.

Selain itu, lutein dan zeaxanthin yan terkandung di dalam sayuran satu ini dapat membantu menjaga penglihatan dan bisa terhindar dari rabun serta katarak.

Mencegah kerusakan tulang dan osteoporosis

Buncis mengandung kalsium yang bisa membantu Anda untuk mencegah terjadinya kerusakan tulang dan osteoporosis. Selain itu, vitamin K dan A di dalamnya juga dapat meningkatkan kesehatan tulang, mencegahnya dari keropos, dan membantu proses regenerasi tulang.

Menjaga sistem pencernaan tetap sehat

Manfaat buncis untuk kesehatan dapat juga menjaga sistem pencernaa agar tetap sehat. Hal ini dikarenakan buncis mengandung serat yang sangat tinggi sehingga dapat membantu melindungi saluran gastrointestinal supaya tak mengalami kerusakan.

Apalagi jika mengkombinasikannya dengan vitamin b12 dan vitamin C, nutrisi ini bisa membantu tubuh untuk menyerap zat besi yang juga ada dalam buncis. Zat besi memang diperlukan untuk menjaga kesehatan metabolisme tubuh.

Membantu menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang ideal memang jadi idaman semua orang, namun bagi mereka yang berat badannya berlebih sering kali melakukan cara-cara agar berat badan dapat turun, seperti diet dan rutin berolahraga.

Ketika sedang ingin menurunkan berat badan, sayuran yang baik untuk dikonsumsi salah satunya adalh buncis. Kenapa demikian? Ya, karena buncis mengandung serat yang sangat banyak, membantu meningkatkan sistem metabolisme, dan mencegah kembung.

Hal tersebutlah yang membuat buncis dapat memaksimalkan proses ketika Anda ingin berat badan segera turun dan mendapatkan tubuh yang ideal.

Mencegah cacat lahir pada bayi

Manfaat buncis untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah cacar lahir pada bayi. Hal ini karena buncis mengandung asam folat dan mineral yang tinggi sehingga dapat membantu proses pembelahan sel dan sintesis DNA. Dengan begitu, dapat meminimalisir risiko terjadinya bayi lahir cacat.

Mencegah penyakit jantung

Risiko mengidap penyakit jantung daat menurun dengan kandungan flavonoida, potassium, dan serat yang tinggi dalam sayur buncis. Tak hanya itu, antioksidan jenis ini juga bersifat anti-inflamasi sehingga dapat mencegah terjadinya pembekuan darah.

Mencegah infeksi

Sejumlah vitamin yang ada dalam buncis daat membantu mengurangi ifeksi di dalam tubuh. Tak hanya itu, vitamin B dan C serta nutrisi yang ada di dalamnya dapat mencegah peradangan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat luar biasa dari buncis untuk kesehatan, sayuran lezat yang jarang orang ketahui khasiatnya. Namun, perlu berhati-hati juga, bijaklah dalam mengkonsumsinya, jangan sampai berlebihan karena sesuatu yang berlebihan tak baik untuk tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,634FansSuka
1,820PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan