Kamis, 9 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Efek Samping Makan Nanas Terlalu Banyak

7 Efek Samping Makan Nanas Terlalu Banyak

Makan buah nanas ternyata punya efek samping yang kurang baik kesehatan tubuh Anda lho, teman-teman apabila dikonsumsi terlalu berlebihan.

Akan tetapi buah nanas juga punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi secukupnya. Buah nanas juga banyak digemari orang karena memiliki rasa yang segar, manis dan sedikit asam.

Buah yang satu ini juga bisa dicampur dengan bahan lainnya dan bisa diolah menjadi makanan yang lezat . Namun bisa juga dikonsumsi secara langsung.

Untuk perawatan kecantikan pun, tak jarang orang-orang menggunakan buah nanas sebagai cara mempercantik diri secara alami.

Akan tetapi, Anda harus mengkonsumsinya secara bijak dan jangan berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Ada beberapa efek samping yang bisa Anda alami jika mengkonsumsi nanas terlalu banyak.

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Nanas

Berikut ini kami telah merangkum efek samping saat Anda terlalu banyak mengkonsumsi buah nanas.

Iritai di mulut

Sensasi aneh usai makan nanas mungkin kerap Anda rasakan, bukan? Enzim bromelain adalah enzim yang bisa melunakkan daging lantaran memecah protein. Apabila mulut Anda terasa perih usai mengkonsumsi nanas, hal tersebut bisa jadi dikarenakan bromelain mulai memecah protein dalam mulut.

Hal tersebut dapat mengakibatkan mulut bisa menjadi iritasi, terasa perih, sariawan, gatal, bahkan berdarah. Namun kondisi tersebut dapat berangsur membaik karena lidah dapat membangun kembali protein dan asam amino tersebut.

Kerusakan gigi

Efek samping makan nanas terlalu berlebihan selanjutnya adalah menimbulkan kerusakan gigi. Buah nanas yang sangat asam akan memulai proses kimia di dalam mulut pada saat Adna mengkonsumsinya.

Selain itu, kandungan asam yang ada di dalam nanas dapat melembutkan enamel, akibatnya kerusakan gigi pun terjadi.

Efek samping yang bisa Anda alami seperti sakit gigi, dan sensitivitas ekstrem ketika makan makanan panas atau dingin.

Memperburuk efek obat

Mengkonsumsi buah nanas ketika Anda tengah mengkonsumsi obat sebaiknya harus dihindari. Hal ini disebabkan oleh enzim bromelain yang terkandung dalam buah nanas akan bereaksi dengan antibiotik obat sehingga menimbulkan kerusakan lebih lanjut pada tubuh.

Alergi

Pada beberapa orang makan nanas bisa menyebabkan reaksi alergi. Pemicu reaksi alergi tersebut disebabkan oleh nanas yang mempunyai kemampuan untuk mengempukkan daging.

Gejala yang dapat ditimbulkan biasanya adalah bengkak yang berlebihan di bagian bibir hingga sensasi geli pada tenggorokan. Alergi tersebut dapat hilang dalam beberapa jam saja, namun jika tidak Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Tidak baik untuk ibu hamil

Efek samping makan nanas bagi ibu hamil dapat meningkat risiko keguguran. Untuk itu, agar bayi dalam kandungan tetap baik dan sehat disarankan untuk menghindari mengkonsumsi buah nanas.

Menyebabkan diare dan insomnia

Efek samping makan buah nanas selanjutnya adalah dapat menyebabkan diare dan insomnia. Hal ini disebabkan oleh vitamin C yang terkandung di dalamnya, apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat sakit perut dan diare.

Bahkan jika Anda kesulitan tidur di malam hari insomnia, makan buah nanas secara berlebihan sebaiknya dihindari karena bisa memicu insomnia.

Meningkatkan kadar gula darah

Gula alami seperti fruktosa dan sukrosa yang terkandung dalam buah nanas memang sangat baik untuk mengontrol kadar gula darah. Akan tetapi, bila dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik, begitu pun buah nanas. Meskipun banyak manfaatnya, apabila makan buah nanas berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik bagi kesehatan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,377FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan