Jumat, 29 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah kesemek bagi kesehatan dan kecantikan ternyata banyak lho, teman-teman. Karena seperti yang sudah kita ketahui, buah yang satu ini cukup terkenal di Tanah Air.

Buah berwarna orange kecoklatan ini memiliki nama lain Japanese Persimmon yang berasal dari Negara Tirai Bambu, China.

Harganya yang terjangkau, membuat buah kesemek digemari banyak orang. Namun memang masih banyak orang belum mengetahui tentang beberapa khasiat yang dimiliki oleh buah kesemek ini.

Buah yang rasanya lezat ini bisa dikonsumsi secara langsung ketika sudah matang, namun jangan sampai lupa untuk mengoleskan garam agar rasa sepatnya dapat hilang. Lalu, apa saja manfaat buah kesemek untuk kesehatan? Di artikel kali ini kami akan menyiapkannya untuk Anda.

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah kesemek yang bisa Anda peroleh.

Mencegah kanker

Buah ini memiliki banyak kandungan antioksidan. Dengan begitu, buah kesemek dapat menjadi obat anti kanker dan bisa meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas, serta melindungi tubuh Anda dari penyakit.

Buah kesemek juga mengandung vitamin A dan C yang didukung dengan senyawa fenolik yang dapat mencegah beberapa jenis kanker.

Menjaga kesehatan hati

Antioksidan tinggi yang terkandung dalam buah kesemek dapat menangkal radikal bebas berbahaya dari oksigen. Antioksidan juga memiliki fungsi dalam menurunkan efek bahan beracun serta mencegah sel tubuh mengalami kerusakan, atau detoksifikasi hati.

Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat buah kesemek bagi kesehatan selanjutna adalah membantu menyehatkan sistem pencernaan. Hal tersebut dikarenakan oleh kandungan serat di dalamnya.

Karena makanan yang mengandung serat tinggi memang snagat baik untuk pencernaan. Tak hanya itu, tanin yang terkandung dalam buah kesemek juga mampu mengobati diare.

Bermanfaat untuk penderita diabetes

Manfaat buah kesemek untuk diabetes ternyata ada juga lho, teman-teman. Untuk penderita diabetes, tentunya kerap cepat merasa lapar, buah berwarna orange ini dapat dijadikan makanan untuk penunda lapar.

Hal tersebut karena buah kesemek memiliki kandungan serat yang diyakini bisa membantu kadar gula darah agar tetap terkontrol dengan baik.

Mengatasi cegukan

Cara mengatasi cegukan bisa juga dengan menggunakan buah kesemek. Cegukan adalah kontraksi yang tidak sengaja terjadi pada diafragma. Biasanya cegukan dapat muncul denga tiba-tiba.

Menurunkan tekanan darah

Buah kesemek mengandung asam tanin yang dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah. Karena jika tekanan darah tinggi, dapat menjadi faktor utama pemicu penyakit jantung.

Menjaga daya tahan tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam buah kesemek itu sangat baik untuk kesehatan. Jika mengkonsumsinya secara teratur, buah kesemek bisa membnatu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Membantu menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang ideal memang menjadi idaman semua orang. Jika kelebihan berat badan, buah kesemek bisa membantu Anda dalam menurunkannya.
Buah kesemek merupakan buah yang rendah kalori, sehunga sangat cocok dikonsumsi saat sedang diet.

Mencegah penuaan dini

Selain bagi kesehatan, manfaat buah kesemek selanjutnya adalah untuk kecantikan. Buah kesemek mengandung beta-karoten, lutein dan lain sebagainya yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan sendiri dapat membuat stres berkurang dan mencegah tanda-tanda penuaan dini muncul. Selain itu, dapat juga mengurangi rasa cepat lelah, pengelihatan yang kurang baik dan lain sebagainya.

Demikian beberapa manfaat dari buah kesemek bagi kesehatan dan kecantikan. Cukup banyak bukan? Selain itu, agar tubuh tetap sehat dan cantik usahakan untuk menerapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,650FansSuka
1,815PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan