Rabu, 30 September 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Cara Mengatasi Gatal Karena Ulat Bulu

Cara Mengatasi Gatal Karena Ulat Bulu

Cara mengatasi gatal karena ulat bulu memang penting dilakukan. Apalagi ketika sedang sibuk beraktivitas, akan sangat terganggu karena gatal yang ditimbulkan oleh hewan tersebut.

Ukurannya yang kecil tak dapat diremehkan, karena dampak yang ditimbulkan dari sistem pertahan tubuhnya dapat membuat kita kesakitan.

Ketika tidak sengaja menyentuh atau ditempelinya, mulai dari rasa gatal, bentol, perih, geli sampai bisa menimbulkan ruam dapat Anda rasakan.

Karena seperti yang sudah kita ketahui, bulu atau duri pada ulat memang memiliki kandungan racun khusus yang mereka gunakan sebagai pertahan dari hewan lain yang hendak memangsanya.

Kalau sudah terlanjur kena, tenang saja, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit yang terasa gatal akibat terkena ulat bulu.

Cara Mengatasi Gatal Karena Ulat Bulu

Berikut ini beberapa cara mengobati kulit gatal yang ditimbulkan karena ulat bulu.

Singkirkan ulat bulu dari badan

Hal yang pertama saat badan Anda tak sengaja ditempeli oleh ulat bulu dan Anda mulai merasakan gatal akibat terkena racun dari bulunya adalah dengan segera menyingkirkannya dengan cara yang benar.

Jangan sampai Anda memegangnya secara langsung, apalagi memukulnya ketika binatang kecil ini masih ada di permukaan kulit. Cara yang benar untuk menyingkirkan ulat bulu dari kulit adalah dengan menggunakan kertas, ranting atau daun.

Jangan menggaruknya

Cara kedua untuk mengatasi kulit gatal karena ulat bulu adalah jangan menggaruk-garuk kulit. Meskipun hal tersebut akan terasa cukup sulit ketika menahan rasa gatal dan tidak menggaruknya.

Akan tetapi menurut para ahli, kulit yang gatal lalu terus menerus digaruk dapat menyebabkan infeksi pada kulit. Untuk sedikit mengatasinya, Anda bisa menggunakan krim yang bisa membuat rasa gatal akibat gigitan seranga berkurang.

Coba hilangkan bulu yang menempel di kulit

Ketika terkena ulat bulu usahakan jangan panik, cobalah untuk tenang dan mulai hilangkan bulu yang melekat di kulit. Anda bisa menggunakan sarun tangan, selotip, lakban plester bersih.

Kemudian tempelkan pada bagian kulit yang terkena ulat bulu, lalu cabut. Ulangi beberapa kali dengan menggunakan selotip yang baru.

Jika segera dihilangkan, bulu-bulu yang menempel pada kulit tidak akan menyebar pada bagian kulit yang lainnya.

Memakai soda kue

Manfaat soda kue memang bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi kulit gatal karena ulat bulu. Dengan menggunakan bahan yang satu ini, rasa gatal pun dapat segera mereda dan mencegahnya menyebar ke area lain.

Cara menggunakan cukup dengan mencampurkan satu sendok makan soda kue, kemudian ditambahkan satu sampai dua sendok makan air hangat. Aduk hingga tercampur rata, lalu oleskan pada bagian kulit yang gatal.

Cuci bagian kulit yang terkena ulat bulu sampai bersih

Bulu-bulu sudah dapat dihilangkan, kini giliran Anda mencuci bagian yang gatal akibat terkena menggunakan air panas dan sabun agar racun yang tertinggal dapat segera hilang.

Garam

Sudah mencucinya dengan sangat bersih tapi masih terasa gatal, cobalah lakukan cara selanjutnya dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana, yakni garam.

Cara mengatasi kulit gatal akibat terkena ulat bulu dengan garam sangat mudah, cukup dengan mengusapkan garam secukupnya dan digosokkan kurang lebih selama 5 menit pada area kulit yang terasa gatal.

Demikian, cara-cara mengatasi kulit gatal karena ulat bulu. Ketika beraktivitas usahakan untuk selalu berhati-hati agar tidak sampai terkena ulat bulu. Semoga bermanfaat teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,938FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan