Minggu, 31 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kecantikan Kebiasaan Buruk Penyebab Wajah Kusam dan Berminyak

Kebiasaan Buruk Penyebab Wajah Kusam dan Berminyak

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan ternyata bisa menjadi penyebab kulit wajah terlihat kusam dan berminyak.

Karena tak dapat dipungikiri, wajah yang cerah dan terbebas dari masalah kulit seperti jerawat, komedo, mata panda dan lain sebagainya adalah hal yang paling didambakan terutama bagi wanita.

Wajah yang sehat dan cantik dapat membuat penampilan semakin menarik dan membuat rasa percaya diri meningkat. Anda tak perlu lagi takut untuk bertemu dengan orang-orang spesial.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit terlihat sangat kusam dan berminyak, mulai dari kesehatan sampai faktor lingkungan.

Selain itu, sebagian orang banyak yang tidak menyadari kalau kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering mereka lakukan menyebabkan wajah terlihat kusam dan berminyak.

Penyebab Wajah Kusam dan Berminyak

Berikut ini beberapa penyebab kulit muka kusam dan berminyak, yuk langsung saja mari kita simak.

Mengkonsumsi makanan berminyak

Perlu Anda ketahui, terlalu seringvmengkonsumsi makanan yang berminyak bisa menyebabkan terganggunya kesehatan dan dapat juga membuat kolesterol meningkat.

Makan makanan yang digoreng apalagi selagi masih hangat memang sangat lezat dan digemari banyak orang. Namun, selain tidak baik untuk kesehatan mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan bisa meningkatan produksi minyak pada wajah.

Jika sudah begitu, wajah berminyak dan kusam pun akan muncul. Oleh sebab itu, lebih bijaklah dalam mengkonsumsinya.

Merokok

Rokok memang tak hanya berbahaya bagi si perokok aktif namun juga berbahaya untuk kesehatan si perokok pasif. Karena merokok dapat merusak tubuh dan organ-organ penting di dalamnya.

Selain itu, merokok secara terus menerus dapat mengakibatkan efek yang kurang baik untuk kecantikan. Merokok dapat menimbulkan masalah kulit wajah seperti kulit kusam, keriput dan berminyak.

Mengkonsumsi kafein secara berlebihan

Salah satu minuman yang mengandung kafein adalah kopi. Minum segelas kopi di pagi hari seakan sudah menjadi kebiasaan rutin seseorang. Bahkan ketika di dalam hari untuk membuat mata tetap terjaga dari kantuk, minum kopi seakan sudah menjadi ritul penting.

Tapi ternyata mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan dapat menjadi penyebab kulit wajah kusam dan cenderung berminyak.

Minum alkohol

Selain dapat merusak jaringan-jaringan dalam tubuh, minum alkohol secara berlebihan dalam jangka panjang juga dapat menimbulkan malasah kulit. Agar terhindar dari efek samping minum alkohol, kurangi atau bahkan berhenti untuk meminum alkohol.

Menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih

Setelah beraktivitas hendaklah mencuci tangan terlebih dahulu dengan bersih sebelum menyentuh wajah Anda. Karena jika tidak, kotoran dan bakteri yang tertinggal di tangan akan berpindah ke muka hingga membuat wajah menjadi kusam dan mudah berminyak. Selain itu, masalah wajah yang lainnya pun dapat kapan saja muncul.

Menggosok wajah terlalu keras

Cara mencuci wajah dengan baik dan benar harus Anda ketahui. Karena jika salah, bukan manfaat yang Anda dapatkan melainkan efek buruk dari cara mencuci wajah yang salah.

Salah satu langkah untuk mencuci wajah adalah menggosok-gosoknya. Tapi, sebagian orang masih banyak yang belum menyadari kalau menggosok wajah terlalu keras itu tidak baik.

Mengapa demikian? Ya, karena hal tersebut dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah serta bisa menjadi penyebab kulit wajah menjadi kusam dan berminyak. Agar terjadi hal demikian, saat mencuci wajah lakukanlah gerakan yang lembut.

Salah memilih produk skincare

Demi mendapatkan wajah yang cerah dan sehat, produk skincare memang baik untuk digunakan. Tapi, jika salah memilih produk skincare yang tidak sesuai dengan kulit wajah dapat membuat kulit menjadi kusam dan berminyak.

Demikian beberapa kebiasaan yang bisa menjadi penyebab kulit wajah terlihat kusam dan berminyak. Jika ingin kulit tetap cantik, terapkan gaya hidup sehat dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat.  Jika sudah terlanjur, segeralah cari cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,639FansSuka
1,820PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan