Jumat, 14 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Beberapa tips menjaga kesehatan tubuh di musim hujan harus kamu lakukan, agar tubuh tetap fit dan bugar dalam menjalani aktivitas.

Akhir tahun hingga awal bulan di tahun baru, di Indonesia biasanya akan terasa sangat dingin yang disebabkan oleh hujan yang terus turun.

Turunnya hujan tak dapat diprediksi secara pasti, kadang turun saat pagi hari menjelang aktivitas. Atau di sore dan malam hari menjelang orang pulang kerja serta beristirahat di rumah.

Mengapa demikian? Ya, karena tubuh harus mengadaptasi suhu dan kelembapan udara yang memiliki perbedaan dengan kondisi sebelumnya.

Namun, apapun musimnya, yang namanya menjaga kesehatan itu adalah suatu hal yang sangat penting. Apalagi bagi kamu yang mempunyai banyak aktivitas yang menuntutmu berada di luar ruangan.

Musim kemarau sudah mulai berakhir, dan berganti ke musim penghujan. Biasanya pada proses pergantian ini dapat membuat tubuh seseorang lebih rentan mengalami gangguan kesehatan.

Ada beberapa penyakit yang rentan dialami oleh seseorang pada saat musim hujan mulai mengguyur. Seperti, flu, diare, demam tifoid, dan lain sebagainya.

Untuk itu, kamu harus mengetahui tips menjaga kesehatan saat musim hujan agar tidak mudah mengalami penyakit-penyakit tadi.

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Penasaran? Yuk langsung saja mari kita simak tips-tips menjaga kesehatan pada musim hujan.

Konsumsi makanan yang tinggi serat

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat cukup tinggi dapat membantu kamu dalam memperoleh sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dengan begitu, tubuh akan lebih terlindung dari infeksi flu dan pencernaan.

Beberapa makanan yang berserat tinggi yang bisa dikonsumsi seperti brokoli, pisang, alpukat, apel, bayam dan lain sebagainya.

Menutup mulut ketika bersin

Apabila sedang berada di lingkungan yang terdapat banyak orang atau sedang di tempat kerja, usahakan untuk menutup hidung dan mulut ketika bersin atau batuk.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan tisu, sapu tangan atau bagian pakaian yang kamu kenakan. Ini bisa menjadi salah satu tips menjaga kesehatan di musim hujan.

Setelah kehujanan usahakan untuk mandi

Pulang bekerja atau dari suatu tempat kamu kehujanan dan tidak bawa jas hujan bahkan tidak ada tempat untuk berteduh, alhasil kamu pun terpaksa harus pulang dengan basah kuyup karena kehujanan.

Nah, segeralah untuk pergi ke kamar mandi untuk mandi setelah tubuh kamu kehujanan. Manfaat mandi setelah kehujanan dapat membantu mengusir banyak infeksi.

Selain itu, mandi dengan air hangat setelah kehujanan juga perlahan dapat meningkatkan suhu tubuh kita yang dingin.

Mengonsumsi vitamin C

Tips menjaga kesehatan di musim hujan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi vitamin C, baik dalam bentuk alami ataupun sebagai suplemen makanan.

Dengan mencukupi asupan vitamin C dalam ubuh dapat membantu dalam pemulihan dari virus flu secara lebih cepat. Selain itu, vitamin C juga dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah terkena flu.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin C yang bisa Anda konsumsi seperti pepaya, nanas, ceri, kiwi, jeruk dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selalu membawa payung atau jas hujan

Peribahasa sedia payung sebelum hujan harus kamu terapkan untuk menjadi salah cara yang sangat mudah menjaga kesehatan di musim hujan.

Membawa payung atau jas hujan sangat penting untuk dibawa ke mana pun kamu hendak pergi apalagi di musim penghujan. Walaupun pada pagi hari matahari bersinar sangat cerah, bisa saja nanti sore akan berubah menjadi hujan.

Mengonsumsi makanan sehat

Selain mencukupi asupan vitamin C, tips menjaga kesehatan di musim hujan yang tidak kalah penting adalah mengonsumsi makanan yang sehat.

Di musim penghujan, suhu menjadi lebih rendah dan tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk membuat tubuh tetap hangat.

Tak hanya itu, untuk mencegah dari berbagai penyakit saat musim hujan tubuh juga memerlukan banyak asupan nutrisi. Oleh sebab itu, tips menjaga kesehatan di musim penghujan ini harus diterapkan.

Karena dengan memperbanyakan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan dapat menguatkan imun tubuh.

Itulah tips-tips menjaga kesehatan di musim hujan. Jangan sampai sakit, karena masih banyak aktivitas yang harus kamu lakukan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,168FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan