Sabtu, 26 September 2020
Beranda Otomotif Mobil Spesifikasi Toyota Supra di Indonesia Sama dengan Versi Global

Spesifikasi Toyota Supra di Indonesia Sama dengan Versi Global

Berita Otomotif, RANCAH POST – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya membawa Toyota Supra ke Indonesia di acara GIIAS 2019. Mobil sport itu akan ditawarkan kepada konsumen Toyota dengan banderol sekitar Rp2 miliar.

Jadi apakah ada perbedaan dalam spesifikasi unit di Indonesia dan negara lain? Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto mengungkapkan bahwa tidak ada perbedaan dengan unit lain karena GR Supra adalah produk global Toyota.

“Tidak ada perbedaan. Ini adalah produk global Toyota Supra pertama. Unit ini diproduksi di Magna Steyr, Graz Plant Austria,” katanya.

Dari spesifikasi mesin, Toyota Supra yang hadir di Indonesia menggunakan mesin 2.998 inline 6 twin turbo dengan transmisi otomatis delapan kecepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga 340 tk dan torsi 500 Nm. Pilihan mesin 2.000cc tidak masuk ke negara ini. Toyota GR Supra hadir di GIIAS 2019.

Toyota Supra Lebih Baik dari Lexus LFA

Toyota Supra Lebih Baik dari Lexus LFA
Toyota Supra. (IST)

Mobil sport ini dalam urusan dimensi memiliki ukuran panjang 4.380 mm, tinggi 1.295 mm, serta lebar 1.865 mm. Sementara untuk hal wheelbase berukuran 2.470 mm. Ini berati lebih pendek 100 mm dari model Toyota 86 sebelumnya.

Toyota mengincar distribusi berat 50:50 untuk kontrol sempurna pada berbagai lintasan. Mesin ditempatkan di depan dengan fokus maksimal di belakang target penggerak roda belakang.

Untuk interior, desainnya berorientasi pada pengemudi dengan konsep minimalis. Layar 8,8 inci jadi perhatian utama di tengah dashboard.

Di bagian kaki, Toyota Supra menggunakan dukungan pegas koneksi ganda di bagian depan dan beberapa tautan di bagian belakang dengan karakter kaku untuk kontrol olahraga. Ukuran ban menggunakan 255 / 35R19 untuk bagian depan dan 275 / 35R19 untuk bagian belakang.

Platform menggunakan aluminium dan baja untuk mencapai kekakuan. Nilai kekakuan ini diklaim lebih baik dari supercar Lexus LFA yang menggunakan bahan serat karbon. Ada beberapa fitur untuk mendukung keamanan dan kenyamanan seperti sistem keselamatan pra-tabrakan, monitor blind spot, kontrol pelayaran radar dinamis dan peringatan keberangkatan jalur.

Toyota Supra Hadir Pertama di Filipina

Toyota Supra Hadir Pertama di Filipina
Toyota Supra hadir pertama di Filipina. (IST)

Sebelumnya, bersamaan dengan acara Vios Racing Festival di Clark International Speedway, Pampanga, Filipina, Toyota Motor Philippines (TMP) diam-diam membawa Toyota Supra. Menariknya, ini adalah penampilan perdana mobil sport model 2019 di Asia Tenggara.

Penampilan Toyota Supra di Vios Racing Festival tidak hanya yang pertama di Asia Tenggara tetapi juga di Filipina. Ini juga akan menjadi pertama kalinya nama Supra berada di Filipina, karena generasi sebelumnya Toyota tidak pernah membawanya ke sini.

Dikembangkan dengan BMW

Dikembangkan dengan BMW
Dikembangkan dengan BMW. (IST)

Toyota Supra generasi kelima dikembangkan bersama BMW. Secara global, Toyota Supra dilengkapi dengan dua pilihan tenaga dari mesin yang sama, yaitu 2.0 liter turbocharged empat silinder. Mesin ini diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimum 194 hp dan torsi puncak 320 Nm di kisaran 1.450 hingga 4.200 rpm. Sementara yang lain mengusung mesin yang sama, hanya saja tenaganya lebih tinggi, yakni 254 hp dan torsi 400 Nm pada 1.550 – 4.400 rpm.

Ada juga pilihan mesin enam silinder 3.0 liter turbocharged dengan 335 hp dan torsi 500 Nm pada 1.600 hingga 4.500. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis delapan kecepatan. Toyota Supra diklaim mampu melaju dari 0 hingga 100 kilometer per jam (kpj) dalam 4,3 detik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,954FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan