5 Jenis Spare Part Mobil yang Perlu Sering Diganti

Jenis Spare Part Mobil
Spare Part Mobil. (IST/NET)

RANCAH POSTSpare part mobil merupakan komponen mobil yang akan mendukung performa mobil agar bisa berjalan dan berfungsi dengan semestinya.

Jenis spare part mobil sangatlah beragam dan masing-masing jenis spare part akan menjalankan fungsi yang berbeda-beda. Namun tujuannya tetap sama yaitu membuat mobil bisa berfungsi dengan lancar.

Mobil dikenal sebagai pilihan kendaraan yang nyaman untuk dipakai berpergian. Dengan mengendarai mobil, Anda bisa lebih nyaman pergi kemana saja tanpa khawatir panas maupun hujan.

Namun, Anda juga harus tahu bahwa perawatan mobil tidaklah mudah. Bahkan bisa dikatakan bahwa biaya perawatan mobil cukup mahal dan bisa sangat memberatkan.

Tapi tenang, jika Anda bisa merawat mobil dengan sebaik mungkin dan mencegah kerusakan spare part mobil sedini mungkin, biaya yang dibutuhkan pasti akan lebih ringan.

Oleh karena itu, sangatlah penting bagi pengguna mobil untuk melakukan pemeriksaan kondisi mobil secara rutin untuk mendeteksi kerusakan pada mobil sedini mungkin.

Jenis spare part sering diganti

Sebuah mobil tersusun dari banyak komponen atau spare part. Dari banyaknya spare part mobil yang digunakan, ada beberapa jenis spare part yang harus sering diganti untuk mencegah kerusakan pada mobil.

Apa saja jenis spare part yang harus sering-sering diganti ini? Berikut adalah 5 jenis spare part mobil yang perlu sering diganti secara berkala.

Busi
Busi merupakan jenis spare part pada mobil yang fungsinya adalah memantik api supaya terjadi pembakaran di dalam mesin sehingga mobil bisa berjalan.

Busi perlu diganti setelah mobil digunakan untuk menempuh jarak 20.000 km dan 50.000 km karena pada kondisi ini biasanya busi sudah kotor dan tidak bisa menjalankan fungsinya lagi dengan maksimal.

Aki
Aki merupakan spare part mobil yang memiliki fungsi penting karena tanpa aki maka mobil tidak akan bisa digunakan.

Aki perlu diperbarui setelah digunakan selama 2 hingga 3 tahun, namun waktu pemakaian ini bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis aki yang dipakai.

Kanvas rem
Bagian rem pada mobil merupakan bagian yang sangat penting. Coba bayangkan jika terjadi gangguan pada rem, maka bisa membahayakan kondisi pengendara di dalam mobil.

Ketika mobil digunakan untuk berpergian sehari-hari maka kanvas rem bisa mudah aus. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan pemeriksaan kanvas rem secara rutin.

Kanvas kopling
Selain rem, kopling juga menjadi bagian penting dalam sebuah mobil. Namun, ini khusus pada jenis mobil manual yang masih menggunakan kopling. Kopling digunakan untuk mentransfer tenaga dari mesin ke bagian roda.

Kanvas rem bisa cepat rusak karena pemakaian mobil yang terus menerus sehingga harus diperiksa secara rutin dan diganti jika sudah waktunya.

Filter
Bagian filter pada mobil biasanya memang memiliki masa pakai yang singkat sehingga harus sering diperiksa.

Ada banyak jenis filter yang terdapat dalam sebuah mobil mulai dari filter oli, filter bahan bakar, filter udara, dan lain sebagainya. Jika filter rusak, maka akan berpengaruh pada performa mobil ketika digunakan berkendara.

Itulah tadi 5 jenis spare part mobil yang perlu sering-sering diganti. Bagi Anda yang ingin mengganti spare part untuk mobil Anda, Anda bisa membeli spare part mobil di Bukalapak.

Bukalapak adalah salah satu toko online terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam jenis spare part mobil murah dengan kualitas yang bisa diandalkan.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama