Selasa, 11 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Manfaat Daun Pegagan atau Antanan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pegagan atau Antanan Untuk Kesehatan

Masih banyak yang belum mengetahui jika daun pegagan memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Pegagan atau dikenal dengan nama daun antanan dan kaki kuda ini merupakan tanaman liar yang banyak tumbuh di pematang sawah, ladang, bahkan tepi jalan.

Meskipun dikenal sebagai tanaman liar, daun pegagan bisa juga dikonsumsi manusia sebagai lalapan. Selain itu, daun tersebut juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

Sejak ribuan tahun lalu, daun pegagan atau antanan ini disebut sebagai ramuan abadi yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Lalu, apa saja manfaat dari daun herba tahuan yang tumbuh menjalar dan berbuga sepanjang tahun ini? Di artikel kali ini kami akan menyajikannya untuk Anda.

Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat dari daun pegagan yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Mengatasi wasir

Ketika terkena wasir atau ambeien ini merupakan kondisi di mana pembuluh darah vena di sekitar anus membengkak. Penyebanya bisa karena sembelit yang parah, duduk terlalu lama, mengangkat benda berat dan lain sebagainya.

Apapun penyebabnya, kondisi ini tentunya akan membuat si penderita sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas dengan rasa sakit yang ditimbulkan.

Akan tetapi, mengobati ambeien tanpa operasi ternyata bisa, yakni dengan mengkonsumsi ramuan daun pegagan.

Mengobati darah tinggi

Bagi penderita darah tinggi Anda harus menghindari makanan-makanan yang dapat memicu penyakit tersebut kambuh. Akan tetapi jika sudah terlanjut, Anda bisa mengobatinya dengan kandungan manfaat yang terdapat pada daun antanan.

Menyamarkan stretch marks

Berdasarkan sebuah studi, diketahui bahwa daun pegagan dapat menyamarkan kemunculan stretch marks pada kulit.

Hal tersebut karena daun pegagan memiliki kandungan senyawa terpenoid yang membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Selain membantu menyamarkan stretch marks yang sudah ada, senyawa tersebut juga dapat membantu mencegah munculnya stretch marks yang baru.

Mengatasi masalah pencernaan

Daun pegagan memiliki kandungan zat antibakteri yang dipercaya efektif untuk mengobati masalah pencernaan, seperti diare.

Tak hanya itu saja, manfaat daun pegagan juga sangat baik untuk mengatasi masalah penceraan yang lain, seperti asam lambung dan perut kembung.

Membantu penyembuhan luka

Daun pegagan ternyata bermanfaat juga untuk membantu proses penyembuhan luka menjai lebih cepat. Hal ini karena kandungan triterpenes yang berepran aktif untuk pembentukan glikosaminoglikan dan kolagen.

Akan tetapi yang paling berperan akktif dalam mengobati luka adalah asiaticoside, secara medis zat ini sudah diakui efektivitasnya sebagai penyembuhan luka dan antilepra.

Membasmi sel kanker

Kanker adalah salah satu penyakit mematikan, siapapun tentu tak ingin terkena penyakit ini. Manfaat daun pegagan untuk kesehatan ternyata bisa membantu Anda untuk membasmi sel kanker. Hal ini karena daun pegagan memiliki kandungan zat antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Meredakan kecemasan dan stres

Daun pegagang mengandung senyawa triterpernoid yang dapat bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya bisa membantu Anda mereka kecemasan dan stres.

Selain itu, efek dari daun pegagan pada fungsi otak juga bisa membuatnya menjadi obat antidepresan yang efektif.

Meningkatkan fungsi otak

Khasiat daun pegagan untuk kesehatan selanjutnya adalah meningkat fungsi kinerja otak, terutama pada fungsi kognitif otak.

Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2016, di dalamnya mereka melakukan penelitian dengan membandingkan efek dari ekstrak daun pegagan dengan asam folat dalam meningkatkan fungsi otak usai terkena stroke.

Sangat luar biasa, kedua bahan tersebut memang mampu untuk meninggatkan fungsi otak. Akan tetapi, ekstrak dari daun pegagan lebih cepat bekerja dengan efektif daripada asam folat.

Hal tersebutlah yang membuat para ahli percaya bahwa ekstrak daun pegagan mampu dan lebih efektif membantu meningkatkan fungsi otak.

Nah, itu tadi beberapa manfaat dari daun pegagan atau daun antanan untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat bagi teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,187FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan