Cara Membuat Sambal Matah yang Enak Menggunakan Resep Sederhana

0
Cara Membuat Sambal Matah yang Enak Menggunakan Resep Sederhana
Cara Membuat Sambal Matah. (IST/NET)

Cara membuat sambal matah sangatlah mudah, hampir sama dengan cara membuat sambal pada umumnya.

Sambal memang sering menjadi pelengkap dalam hidangan yang kamu santap. Misalnya ketika makan semangkuk bakso atau mungkin soto ayam, kurang lengkap rasanya kalau belum ditambah dengan sambal.

Terkadang memakan sambal secara berlebihan memang dapat menyebabkan perut sakit ya, guys. Tapi jangan salah, sambal ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Sambal ternyata dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan secara alami. Hal tersebut sudah dibuktikan melalui studi yang telah dilakukan oleh para peneliti asal UCLA Center for Human Nutrition, Los Angeles pada 2010 lalu.

Selanjutnya, manfaat sambal ternyata bisa juga mencegah kanker. Kandungan antioksidan yang terkandung pada cabai dapat menangkal radikal bebas serta dapat mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Namun, para ahli masih butuh waktu untuk melakukan penelitian dan analisa lebih lanjut untuk membuktikannya.

Akan tetapi, meskipun banyak manfaat dari sambal, kamu juga perlu berhati-hati jika kamu terlalu banyak makan sambal itu juga tidak baik bagi kesehatan.

Di Indonesia terdapat banyak jenis sambal yang sangat nikmat rasanya, seperti sambal bawang, sambal teri, sambal ikan roa, sambal ijo, sambal terasi, sambal pecel, dan salah satu yang paling favorit yakni sambal matah.

Sambal matah merupakan jenis sambal yang berasal dari Bali. Cara membuat sambal matah berbeda dengan membuat sambal lainnya, sambal matah disajikan dengan bahan-bahan yang masih mentah.

Saking populernya, banyak restoran yang berinovasi menciptakan menu dengan olahan dari sambal matah yang enak dan lezat. Seperti, pork chop sambal matah, spaghetti sambal matah, pizaa sambal matah, samapai yang paling mudah adalah mie instan sambal matah.

Sambal yang berasal dari Pulau Dewata ini memiliki citarasa yang pedas, asin, segar yang bikin lidah kamu serasa mau meledak.

Tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk dapat merasakan kelezatan sambal matah yang lezat dan nikmat, kamu juga bisa membuat kreasi sendiri membuat sambal matah di rumah.

Masih bingung bagaimana caranya? Tak perlu khawatir, di artikel ini kami telah menyiapkan cara membuat sambal matah sederhana dan tentu rasanya hampir sama dengan sambal matah yang ada di Bali.

Cara Membuat Sambal Matah

Berikut ini resep dan cara membuat sambal matah khas Bali yang bisa kamu praktikan dengan mudah di rumah.

Bahan

15 buah cabai rawit merah segar
8 siung bawang merah
1 sdm air perasan jeruk nipis
3 sdm minyak goreng
2 batang sereh, ambil bagian dalam yang berwarna putih
Daun jeruk purut
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat

Pertama, cuci cabai rawit merah, sereh, daun jeruk perut, bawang yang sudah disiapkan tadi menggunakan air bersih.

Selanjutnya, iris halus semua bahan yang sudah di cuci bersih dan masukkan ke dalam wadah atau mangkok.

Setelah itu, tambahkan, air perasan jeruk nipis, garam, dan gula. Lalu aduk sambil di tekan-tekan perlahan atau boleh juga memakai tangan di remas-remas. Tapi ingat ya, guys pakai sarung tangan plastik yang khusus memasak, agar sambal matah tetap higienis.

Kemudian, panaskan 3 sdm minyak goreng pada wajan. Setelah itu, siramkan minyak panas ke dalam campuran yang sudah di remas-remas atau di tekan-tekan tadi.

Aduk-aduk sampai tercampur rata. Hidangkan menggunakan piring saji dan sambal matah pun siap disantap untuk menjadi teman makan.

Nah, itu dia langkah demi langkah cara membuat sambal matah sudah kami jelaskan. Bagaimana, tidak sulit bukan?

Hanya cukup mencampurkan bahan-bahan segar seperti cabai, sereh, daun jeruk dan perasan buah jeruk nipis, kamu sudah bisa menyantap sambal matah khas Bali yang lezat dan nikmat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here