Selasa, 20 Oktober 2020
Beranda Berita Berita Rancah Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Zona IX Tingkat Kabupaten di Desa Cisontrol

Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) Zona IX Tingkat Kabupaten di Desa Cisontrol

Berita Rancah, RANCAH POST – Seiring dengan terus betumbuhnya prevalensi stunting pada anak di Indonesia telah menimbulkan kekhawatiran pemerintah.

Menyikapi hal itu, Tim Pelaksana Desa (TPID) Kecamatan Rancah hari ini, Kamis (12/09) menyelenggarakan pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang bertempat di Aula Desa Cisontrol.

Tak hanya diikuti oleh kader desa se-Kecamatan Rancah, namun kegiatan ini juga diikuti oleh Kecamatan Rajadesa dan Tambaksari melalui perwakilan dari tiap-tiap desanya.

“Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk mempercepat pembentukan dan pelatihan kader pembangunan manusia serta rembuk desa dalam mendukung upaya pelaksanaan konvergensi pencegahan stunting,” kata Ketua Panitia Pelatihan KPM, H. Eman Suherman S.Pd., dalam sambutannya.

“Tugas utama yang harus dilaksanakan oleh para kader adalah untuk memfasilitasi pemetaan sosial guna mengidentifikasi status intervensi gizi spesifik dan gizi sensitif,” tambahnya.

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh TPID ini, mendapat support dari Tim Inovasi Kabupaten (TIK), Tenaga Ahli Tingkat P3MD Kabupaten Ciamis, Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa dari tiga Kecamatan.

Dalam acara tersebut hadir pula Camat Rancah, Nandang Nugraha S.Sos. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pelatihan ini melibatkan seluruh desa yang ada di Kecamatan Rancah, Rajadesa dan Tambaksari yang termasuk dalam Zona IX.

Beliau juga berharap agar kegiatan pelatihan ini bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan agenda yang telah disusun. Sebelum akhirnya beliau resmi membuka acara pelatihan Kader Pembangunan Manusia tersebut secara simbolis.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh kader perwakilan dari tiap Desa yang telah berkenan hadir memenuhi undangan yang telah diberikan, semoga setiap kader mengikuti acara pelatihan ini dengan serius dan bersungguh-sungguh,” kata Nandang.

BACA JUGA: Bina Wilayah TP PKK Kabupaten Ciamis Tahun 2019 di Kecamatan Rancah

Dalam pelaksanaannya peserta sangat antusias terhadap materi-materi yang disampaikan oleh narasumber yakni dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,854FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan