Rabu, 27 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan 7 Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

7 Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

Jika seseorang sedang mengalami sariawan yang bikin tidak nyaman pastinya langsung mencari cara menyembuhkan sariawan dengan cepat. Sariawan di mulut memang membuat seseorang merasa tidak nyaman, pasalnya bisa menimbulkan rasa perih di area mulut.

Sariawan biasanya timbul ditandai dengan luka yang muncul di dalam mulut, nah itulah yang menyebabkan sariawan itu terasa perih apalagi kalau sedang mengunyah makanan.

Luka tersebut umumnya timbul berwarna putih dan lama kelamaan akan menjadi bengkak, itu sebabnya orang selalu mencari cara menyembuhkan sariawan dengan cepat.

Munculnya sariawan yang bikin perih ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal, stres, kesehatan gigi yang kurang baik, sistem pencernaan, infeksi bakterti atau virus, bahkan yang lebih mengerikan lagi disebabkan oleh penyakit yang serius, yakni anemia.

Ngeri kan, guys. Untuk itu kita harus selalu menjaga kebersihan mulut, memeriksakan keadaan gigi dan mulut secara teratur pada dokter gigi, bagi Anda yang perokok tentunya harus berhenti agar bisa segera tehindar dari sariawan.

Tapi jangan khawatir, bagi Anda yang mungkin saat ini sudah terkena sariawan di lidah atau di area mulut sudah tersedia berabagai obat yang bisa menjadi cara menyembuhkan sariawan di lidah atau mulut dengan cepat.

Selain itu, cara menyembuhkan sariawan bisa dengan cepat tanpa menggunakan obat, yakni dengan berbagai bahan alami tanpa rasa perih yang tentunya bisa dengan mudah Anda dapatkan di rumah.

Berikut ini kami telah menyiapkan berbagai cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan bahan alami, pastinya mudah saat di aplikasikan ke luka yang ditimbulkan akibat sariawan.

Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Cepat

Langsung aja yuk simak cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan di rumah.

Madu

Madu memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan. Namun ternyata, madu juga dipercaya bisa menjadi salah satu cara mengobati sariawan dengan cepat dan pastinya tidak perih.

Sifat anti radang dan anti bakteri yang dimiliki oleh madu dapat mengurangi rasa perih dan mempercepat proses penyembuhan.

Caranya cukup mudah, Anda cukup mengoleskan madu yang sudah disiapkan pada bagian yang terkena sariawan. Lakukan secara rutin ya, guys agar sariawan bisa cepat hilang.

Tomat

Selain rasanya yang nikmat, ternyata kandungan vitamin C yang terdapat pada tomat dapat menyembuhkan sariawan. Cara mengobati sariawan dengan tomat sangatlah mudah, cukup dengan mengkonsumsi tomat segar setidaknya 3 sampai 4 kali sehari.

Air garam

Cara mengobati sariawan dengan cepat bisa juga menggunakan bumbu dapur ini. Sifat anti radang dan anti bakteri yang terkadung pada garam dapat mencegar sariawan berkembang menjadi lebih besar dan makin parah.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, cukup dengan mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas berisi air hangat, lalu aduk sampai rata. Kumur-kumur menggunakan air campuran tersebut, setelah itu bilas dengan air putih.

Pisang

Buah yang memiliki cita rasa manis ini memang sangat digemari semua kalangan, teksturnya yang lembut sangatlah nikmat saat disantap.

Buah yang kaya akan vitamin C ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk bisa menjadi salah satu cara mengobati sariawan di lidah atau di daerah mulut dengan cepat.

Agar lebih efektif, kalian bisa menkombinasikannya dengan madu. Caranya, haluskan pisang hingga berubah seperti pasta dan tambahkan madu secukupnya kemudian aduk hingga merat.

Oleskan campuran tersebut pada mulut yang terkena sariawan, diamkan dulu sesaat sekitar 10 menit lalu kumur-kumur hingga bersih.

Daun sirih

Orang tua zaman dahulu sering mengkonsumsi daun sirih dengan cara dikunyah. Tanaman yang sering digunakan sebagai pengobatan tradisional ini mempunyai berbagai khasiat seperti, antibakteri, antioksidan, dan antiradang.

Cara mengobati sariawan dengan daun sirih sangatlah mudah, ambil satu lembar daun sirih hijau yang sudah tua lalu cuci dengan bersih. Kemudian kunyah atau tumbuh sampai halus tempelkan pada bagian sariawan.

Susu

Susu memiliki kandungan k alsium yang dapat melawan bakteri tak baik yang menyebabkan luka. Lemak yang terkandung dalam susu juga merupakan anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Tak heran susu dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat. Tak hanya itu, kandungan magnesium yang terdapat pada susu bisa juga menyembuhkan rasa sakit dan perih karena sariawan.

Kunyit

Selain digunakan sebagai bumbu masakan ternyata kunyit juga bisa digunakan sebagai cara menyembuhkan sariawan. Kandungan kurkumin, antiinflamasi dan antibiotik bisa menjadi salah satu cara untuk bisa sembuh dari sariawan. Caranya sangat mudah, cukup mengoleskan kunyit di atas sariawan agar bisa menyembuhkannya.

Nah, itu tadi pemaparan mengenai cara menyembuhkan sariawan dengan cepat menggunakan bahan alami yang bisa Anda coba. Namun, jika sariawan tak kunjung sembuh segera periksakan ke dokter. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,665FansSuka
1,813PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan