RANCAH POST – Nggak terasa yah, sekarang ini kita sudah memasuki hari ke 17 puasa Ramadhan di tahun 1440 H atau 2019 M. Itu artinya hari Raya Idul Fitri tinggal 13 hari lagi.

Semakin kesini mungkin banyak diantara kalian yang semakin bingung menyediakan menu buka puasa untuk keluarga tercinta.

Yang pada akhirnya justru membeli di luar rumah sesuai dengan yang diinginkan masing-masing orang agar lebih praktis namun tentunya membuat pengeluaran jadi boros.

Nah, untuk sedikit menghemat pengeluaran di bulan Ramadhan ini, kami akan memberikan resep buka puasa yang nikmat dan mudah dibuat.

Kali ini kami akan memberikan resep es teler dan ayam jerit sebagai sajian buka puasa kali ini. Dijamin deh, keluarga bakal ketagihan.

Oke, tanpa basa-basi lagi, langsung saja yuk simak resep lengkapnya berikut ini. Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya.

Menu Buka Puasa Sederhana dan Praktis

Resep Es Teler

Bahan-bahan:

Daging kelapa muda serut
2 buah alpukat, potong dadu
200 gr cincau hitam, potong kotak
Buah nangka secukupnya, potong dadu
500 ml santan
1/2 kaleng susu kental manis
100 gr nata de coco
i bungkus agar-agar, masak dengan gula lalu potong dadu
120 ml air
160 gr gula
2 lembar daun pandan
Es serut secukupnya

Cara membuat:

Pertama, didihkan santan dengan daun pandan hingga mendidih sambil terus diaduk. Jika sudah mendidih, matikan kompor dan sisihkan.

Kemudian larutkan gula dengan air hingga gula benar-benar lebur. Setelah itu siapkan mangkuk atau gelas saji lalu masukkan es serut ke dalamnya.

Setelah itu masukkan buang nangka, agar-agar, cincau, nata de coco, alpukat dan daging buah kelapa lalu siram dengan air gula, santan dan susu kental manis. Es teler pun siap dihidangkan.

Resep Ayam Jerit

Bahan-bahan:

450 gr dada ayam
Air perasan jeruk nipis
Daun jeruk
Saus tiram secukupnya
Garam secukupnya
Lada secukupnya
Gula secukupnya

Bumbu halus:

100 gr cabai keriting dan cabai rawit
1 buah tomat, buang bijinya
10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
1 cm kunyit
1 cm lengkuas
3 buah kemiri

Cara membuat:

Pertama, cuci bersih ayam lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis dan garam. Biarkan kurang lebih selama 30 menit agar meresap lalu goreng hingga matang dan suir-suir.

Setelah itu, panaskan 2 sendok makan minyak goreng dan tumis bumbu halus dengan api kecil hingga harum kemudian masukkan daun jeruk dan ayam suir.

Bumbui dengan saus tiram, gula, garam dan lada. Aduk hingga tercampur rata agar bumbu meresap dengan sempurna.

Sebelum diangkat, kucuri ayam jerit dengan sedikit perasan jeruk nipis. Ayam jerit pun siap dihidangkan untuk buka puasa nanti.

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Sederhana, Es Cincau Susu dan Ayam Goreng Berempah

Nah, itu tadi resep buka puasa sederhana namun menggugah selera untuk hidangan berbuka nanti bersama keluarga. Selamat mencoba dan selamat memasak.

Share.

Leave A Reply