RANCAH POST – Hampir dua minggu sudah kita menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini. Rasanya baru kemarin dimulai, kini sudah masuk di hari yang ke 12.

Gimana, sudah masuk ke minggu kedua apa masih juga bingung menyediakan menu buka puasa untuk keluarga tercinta, atau justru malah semakin bingung?

Kalau gitu, nggak bosen-bosennya kami memberikan resep sebagai refesensi masakan untuk buka puasa nanti ketika adzan maghrib tiba.

Nah, di hari yang ke-12 ini kami akan memberikan resep es setup nanas selasih sebagai menu takjil dan resep balado cumi asin jengkol.

Oke, tanpa banyak basa-basi lagi langsung saja yuk simak resep lengkapnya dibawah ini. Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya.

Resep Es Setup Nanas Selasih

Bahan-bahan:

1 buah nanas, potong-potong
400 ml air
100 gr gula pasir atau sesuai selera
1/2 sdt garam
5 cm kayu manis
Selasih secukupnya, rendam dengan air hangat sebentar
Es batu secukupnya

Cara membuat:

Pertama, siapkan panci berisi air lalu masukkan gula, garam, kayu manis dan nanas. Lalu masak hingga gula larut dan nanas layu. Jika sudah, matikan kompor dan biarkan dingin.

Selanjutnya, siapkan gelas lalu tuang setup nanas dan tambahkan selasih yang tadi sudah direndam air hangat. Terakhir tambahkan es batu secukupnya. Es setup nanas selasih siap dihidangkan.

Resep Balado Cumi Asin Jengkol

Bahan-bahan:

250 gr cumi asin
250 gr jengkol muda
Jeruk nipis
Daun jeruk

Bumbu balado:

1,5 ons cabai merah kriting
20 buah cabai rawit merah
10 siung bawang merah, iris
1 buah tomat merah, potong dadu
Garam secukupnya

Cara membuat

Pertama, cuci bersih cuma asin dan buang semua kotoran serta plastik di dalamnya. Potong-potong sesuai selera dan rebus cumi dengan tambahan perasan air jeruk nipis. Rebus kurang lebih 10 menit.

Selanjutnya, goreng jengkol muda hingga matang. Jika sudah angkat dan taburi dengan gara lalu aduk hingga tercampur rata.

Kemudian tumis bawang merah hingga harum lalu masukkan potongan tomat dan daun jeruk. Setelah tomat layu, masukkan cumi dan serta cabai rawit dan cabai merah yang sudah diulek sebelumnya.

Masak dengan api kecil hingga tanak atau keluar minyak. Kemudian masukkan jengkol yang tadi sudah digoreng dan beri sedikit gula pasir. Masak sebentar lalu angkat. Balado cumi asin jengkol pun siap dihidangkan.

BACA JUGA: Es Semangka Susu dan Kikil Pedas Gurih, Menu Buka Puasa Menggugah Selera

Nah, itu tadi es setup nanas selasih dan balado cumi asin jengkol untuk menu buka puasa nanti bersama keluarga. Selamat memasak dan selamat menjalankan ibadah puasa.

Share.

Leave A Reply