Resep Es Kuwut dan Cumi Goreng Asam, Sajian Buka Puasa Menyegarkan Bikin Kenyang

0
Resep Es Kuwut dan Cumi Goreng Asam Sajian Buka Puasa Menyegarkan Bikin Kenyang
Resep Es Kuwut dan Cumi Goreng Asam Sajian Buka Puasa Menyegarkan Bikin Kenyang

RANCAH POST – Nggak terasa, sekarang ini kita semua telah memasuki hari ke delapan puasa di bulan Ramadhan 1440 H atau 2019 M.

Makin kesini pastinya kalian makin bingung mau masakin apa untuk menu buka puasa keluarga tercinta di rumah. Kalau sudah mentok pasti ujungnya beli yang sudah jadi.

Eh tapi jangan bingung-bingung lagi girls, kali ini kami akan memberikan resep buka puasa dan takjil yang dijamin bakal bikin keluarga ketagihan.

Untuk takjilnya sendiri kami akan memberikan resep es kuwut, sementara untuk menu buka puasanya ada cumi goreng asem.

Oke, tanpa basa-basi dan panjang lebar lagi langsung saja simak resep lengkapnya di bawah ini. Jangan sampai ada yang ketinggalan, ya.

Resep Es Kuwut

Bahan-bahan:

1 buah kelapa muda, kerok dagingnya
1/2 buah melon, serut atau kerok bulat
2 sdm selasih kering, rendam air hangat sebentar
Air perasan jeruk nipis secukupnya
Air kelapa muda secukupnya
Sirup gula secukupnya
Es batu secukupnya

Cara membuat:

Pertama, siapkan mangkuk lalu masukkan daging kelapa yang sudah dikerok, melon dan juga selasih. Kemudian tambahkan air kelapa muda, sirup gula serta air perasan jeruk nipis.

Aduk-aduk hingga tercampur rata dan rasanya menyatu. Terakhir tambahkan es batu secukupnya. Es kuwut pun siap untuk disajikan.

Resep Cumi Goreng Asem

Bahan-bahan:

600 gr cumi
Asam jawa secukupnya
Saus tiram secukupnya
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Lada secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

Pertama, bersihkan cumi lalu potong membentuk cincin. Setelah itu remas-remas satu sendok makan asam jawa dengan 100 ml air dan buang ampasnya.

Setelah itu tuang air asam jawa tadi ke dalam wajan dan masukkan cumi yang tadi sudah dibersihkan. Masak hingga air menyusut lalu tambahkan garam, lada, saus tiram dan gula pasir. Masak hingga mengental.

Jika sudah mengental, masukkan dua sendok makan minyak goreng. Tambahkan cabe rawit jika suka pedas dan masak hingga meletup-letup atau saus berkaramel.

Sebelum diangkat, kucuri cumi dengan air perasan jeruk kunci agar rasanya lebih segar. Cumi goreng asam pun siap untuk dihidangkan.

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Sop Iga Sapi yang Lezat dan Mengenyangkan

Nah, itu tadi es kuwut dan cumi goreng asam untuk sajian menu buka puasa hari ini. So, selamat mencoba dan selamat berpuasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here