Resep Kolak Biji Salak dan Sayur Asem Sunda untuk Hidangan Buka Puasa

0
Resep Kolak Biji Salak dan Sayur Asem Sunda untuk Hidangan Buka Puasa
Resep Kolak Biji Salak dan Sayur Asem Sunda untuk Hidangan Buka Puasa

RANCAH POST – Nggak terasa sekarang ini kita sudah memasuki puasa Ramadhan di hari ke enam. Gimana, masih semangat atau justru udah loyo?

Harusnya sih masih semangat ya, apalagi kalau tahu menu buka puasa nanti dibarengi dengan makanan-makanan yang menggugah selera.

Atau jangan-jangan kalian masih bingun mau buka sama apa hari ini? Eits, jangan khawatir. Kali ini kami akan memberikan resep takjil dan buka puasa yang lezat.

Sudah ketebak, pastinya ingin terlebih dulu berbuka dengan yang manis dan menyegarkan lalu dilanjut sama makanan yang enak dan bikin kenyang pastinya. Iya kan?

Dan kali ini kami akan memberikan resep kolak biji salak dan sayur asem Sunda untuk menu buka puasa serta takjil kali ini.

Resep Kolak Biji Salak

Bahan-bahan:

1/2 kg ubi jalar, kupas, cuci lalu kukus
100 gr tepung kanji
1/2 sdt garam

Bahan saus gula:

1/2 L air matang
200 gr gula merah
1 sdm gula pasir
2 lbr daun pandan

Bahan saus santan:

Kelapa parut secukupnya
250 cc air matang
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan

Cara membuat:

Pertama, haluskan ubi yang sudah dikukus lalu tambahkan tepung kanji dan garam. Aduk hingga tercampur rata. Lalu ambil sedikit adonan dan bentuk lonjong seperti biji salak. Lakukan hingga adonan habis.

Setelah itu didihkan air. Setelah mendidih masukkan adonan biji salak. Rebus sebentar hingga mengapung lalu angkat dan tiriskan.

Berikutnya buat saus gula. Campurkan semu bahan dan rebus hingga mendidih. Kemudian beri larutan tepung sagu dan masak hingga mengental. Masukkan biji salak tadi lalu masak sebentar.

Untuk saus santan, campurkan semua bahan dan rebus hingga mendidih sambil diaduk. Jika sudah, matikan kompor.

Untuk penyajiannya sendiri tuang kolak biji salak yang sudah jadi tadi ke dalam wadah kemudian siram dengan saus santan. Jika suka, boleh ditambahkan es batu agar lebih segar.

Resep Sayu Asem Sunda.

Bahan-bahan:

1 buah labu siam besar, potong dadu
5 buah kacang panjang, potong-potong
2 buah jagung manis, potong-potong
50 gram melinjo
25 gram daun melinjo
50 gram kacang tanah, rebus sampai empuk
4 sdm air asam jawa
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas geprek
2 liter air
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya

Bumbu halus:

5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabai merah
1 sdt terasi
3 butir kemiri sangrai

Cara membuat:

Pertama siapkan panci lalu rebus air hingga mendidih. Kemudian masukkan lengkuas, daun salam dan bumbu halus. Biar hingga mendidih dan bumbu matang.

Setelah itu masukkan jagung manis dan melinjo. Masak hingga matang. Kemudian masukkan kacang tanah dan labu siam. Masak kembali hingga labu matang.

Selanjutnya masukkan daun melinjo, kacang panjang, garam, gula dan air asam. Aduk hingga tercampur rata dan masak hingga semua bahan matang.

Jika sudah matang, matikan kompor dan sajikan sayur asem dalam wadah. Sayur asem Sunda pun siap dihidangkan saat buka puasa.

BACA JUGA: Menu Buka Puasa Sop Iga Sapi yang Lezat dan Mengenyangkan

Nah, itu tadi resep kolak biji salak dan sayur asem Sunda sebagai menu takjil serta buka puasa untuk hidangan nanti bersama keluarga. Selamat mencoba dan selamat menjalankan ibadah puasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here