Sabtu, 30 Mei 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Berat Badan Naik Selama Puasa, Begini Tipsnya agar Tetap Ideal

Berat Badan Naik Selama Puasa, Begini Tipsnya agar Tetap Ideal

RANCAH POST – Usai menjalankan ibadah puasa Ramadhan satu bulan lamanya, beberapa orang ada yang mengeluhkan bahwa berat badan mereka menurun.

Buat mereka yang badannya gemuk dan memang ada niatan untuk menurunkan berat badan ini menjadi sebuah keuntungan. Namun buat mereka yang sudah kurus dibawa puasa jadi makin kurus itu masalah.

Tapi tidak semua orang berat badannya menurun ketika puasa. Justru ada beberapa orang yang malah bertambah berat badannya.

Itu diakibatkan pola makan yang salah saat buka dan sahur. Jika biasanya sehari makan tiga kali, saat puasa hanya dua kali.

Untuk menyiasati agar tak lapar ketika puasa, akhirnya beberapa orang memilih makan banyak saat sahur tiba.

Dan untuk mengantisipasi naiknya berat badan ketika puasa, berikut kami berikan tips simple agar berat badan tak melonjak.

Jangan Melewatkan Makan Sahur

Tidak makan sahur hanya akan membuat tubuh jadi tak berenergi saat beraktivitas dan ketika buka nanti akan membuatmu makan banyak.

Makan Banyak Protein

Agar tubuh tetap bertenaga ketika puasa, saat sahur sebaiknya makan banyak protein supaya kenyang lebih lama.

Makan Secukupnya

Jangan makan terlalu banyak dan jangan pula terlalu sedikit. Makan dengan porsi yang cukup itu lebih baik.

Perbanyak Minum Air Putih

Pebanyak minum air putih ketika buka dan sahur. Minum setidaknya 2 gelas air putih saat pertama berbuka dan sebelum makan makanan berat.

Jangan Jadikan Buka sebagai Ajang Balas Dendam

Jangan pernah menjadikan momen buka puasa sebagai ajang balas dendam. Berhentilah makan setelah kenyang dan makan secukupnya jangan kalap.

Hindari Makan Sebelum Tidur

Sebaiknya hindari makan makanan berat sebelum tidur, sebab hal itu hanya akan menumpuk menjadi lemak jika selesai makan langsung tidur. Setidaknya beri jarak 3 jam setelah makan sebelum tidur malam.

Jangan Malas-Malasan

Puasa jangan dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Olahraga kecil seperti jalan-jalan pagi harus tetap dilakukan. Hal itu akan membakar kalori setelah makan saat buka dan sahur.

BACA JUGA: Tips Puasa lancar dengan Menghindari Junk Food

Nah, itu tadi beberapa tips agar berat badan tetap terjaga saat puasa. Ingat, puasa bukan ajang malas-malasan dan berbuka bukan aksi untuk balas dendam. Selamat menjalan ibadah puasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,646FansSuka
1,815PengikutMengikuti
1,266PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan