Selasa, 7 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kesehatan Tips Puasa lancar dengan Menghindari Junk Food

Tips Puasa lancar dengan Menghindari Junk Food

RANCAH POST – Tips puasa lancar. Berbagai penelitian menunjukan tentang bahaya dari mengkonsumsi makanan cepat saji untuk kesehatan. Junk food mempunyai kandungan lemak, sodium dan juga gula yang tinggi, hal ini tentu bisa memicu obesitas dan juga berbagai masalah kesehatan.

Hindarilah untuk mengkonsumsi junk food saat sahur, karena hal itu bisa mengacaukan diet sehat yang ingin diperoleh saat berpuasa. Mie instant sendiri, tidak bisa untuk mencukupi kebutuhan gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, dan juga vitamin. Selain itu, mie instant juga mengandung penguat rasa mononatrium glutamat atau yang lebih dikenal dengan sebutan MSG yang bisa menimbulkan rasa haus dan juga kantuk setelah dikonsumsi.

Begitu juga dengan makanan junk food lainnya, yang akan mudah membuatmu merasa lemas dalam beberapa jam setelah mengkonsumsinya. Junk food mengandung karbohidrat sederhana yang bisa memberikan tambahan energi yang cepat, tapi dalam beberapa jam kamu akan merasa lemas dan juga akan merasa menginginkan karbohidrat lagi.

Untuk menjaga supaya tubuh tetap fit dan juga berstamina selama menjalani puasa, berikut ini menu sahur yang baik seperti yang disampaikan oleh dr. Jezzy.

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lambat dicerna dan mempunyai serat yang tinggi. Contohnya gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan nasi merah.

Saat sahur, usahakan untuk membatasi asupan teh dan juga kopi. Diyakini, bahwa dua asupan ini bisa membuat metabolisme berjalan dengan cepat. Sehingga cepat juga mendatangkan rasa haus meski tidak dehidrasi.

Menu yang disajikan sebaiknya makanan yang mengandung air yang banyak atau buah sekalian sehingga tubuh tidak akan terkena dehidrasi parah saat berpuasa. Kurma juga bisa membuat tubuh bugar seharian.

Jika tidak menyukai buah saat sahur, meminum jus buah saja sudah cukup baik untuk kelancaran buang air besar.

Sebaiknya hindari makanan-makanan seperti fast food, gorengan ataupun makanan pedas saat sahur, karena hal ini akan mengganggu pencernaan pada siang harinya.

Nah, itulah bebera tips agar puasamu lancar. Selain menu makan sahur yang harus sehat, porsi makan sahur juga harus diperhatikan. Makanlah dengan porsi yang normal seperti hari-hari biasanya. Menambah porsi makan tidak akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama sampai tiba waktu berbuka puasa. Makan yang berlebihan malah akan membuat perut kekenyangan dan jadi tidak nyaman. Asupan makanan yang terlalu banyak juga bisa membuat tubuh terkena dehidrasi lebih cepat. Jangan makan terlalu sedikit juga, karena hal ini akan membuat tubuh kekurangan cadangan energi yang akhirnya tubuh bisa lemas dan juga sulit berkonsentrasi kerja. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,389FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan