Mengenal Chipset Untuk Smartphone Terbaik dan Terpopuler

Mengenal Chipset Untuk Smartphone Terbaik dan Terpopuler
Mengenal chipset untuk smartphone terbaik dan terpopuler. (IST/NET)

RANCAH POST – Selain pada PC, chipset juga memiliki andil penting dalam kinerja smartphone. Chipset berfungsi sebagai biang kinerja ponsel untuk melakukan berbagai perintah, bermain game, hingga menghemat baterai.

Bagi yang sedang mencari smartphone baru, Anda juga mesti memperhatikan apa jenis chipset yang disematkan di sektor jantung pacunya.

Kebanyakan pengguna Android hanya peduli pada kapasitas RAM, layar dan memori internalnya. Padahal chipset adalah bagian terpenting sebuah smartphone.

Maka dari itu, kita harus tahu apa saja jenis chipset terbaik untuk smartphone saat ini. Ini lantaran masing-masing chipset hadir dengan ciri khas dan kualitas yang begitu menarik.

Chipset Smartphone Terbaik
Jenis chipset smartphone terbaik. (IST/NET)

Jika Anda juga mempertimbangkan jenis chipsetnya, Anda akan lebih tepat memilih smartphone sesuai dengan kinerja yang Anda inginkan.

Apakah untuk game, penggunaan normal, bisnis, dan lain sebagainya. Nah, dibawah ini ulasan lebih lanjut untuk apa saja jenis chipset smartphone terbaik dan terpopuler.

Chipset Smartphone Terbaik dan Terpopuler

1. Snapdragon
Chipset besutan Qualcomm ini memiliki performa terbaik. Dukungan grafis dan koneksi 4G-nya juga sangat maksimal. Tak heran jika paling banyak digunakan oleh produsen smartphone saat ini.

Mulai dari ponsel low sampai high-end juga menggunakannya. Brand seperti Sony dengan Xperia Series-nya, Xiaomi, Motorola, ASUS, hingga Oppo meminang chipset berkualitas ini sebagai penunjang performa smartphonenya.

2. MediaTek
Di pasar Asia, MediaTek merupakan produsen chipset terbesar. Harganya lebih murah dibandingkan Snapdragon. Namun kualitasnya tetap optimal untuk mendukung pengoperasian smartphone.

Versi terbarunya adalah seri Helio dengan kecepatan 64 bit. Banyak yang mengatakan performanya kurang bagus, namun brand smartphone besar seperti Xiaomi, HTC, Sony, Acer, hingga Lenovo menggunakan jenis chipset ini.

3. Intel
Di lini smartphone, Intel mulai mengembangkan sayapnya. Meskipun di lini PC terbilang handal namun dari segi performa masih kalah dari MediaTek dan Snapdragon.

Namun Intel juga mengklaim chipset smartphone buatannya lebih baik dan tidak boros baterai.

Smartphone seperti ASUS Zenfone, Dell Venue, Acer Iconia, Motorola, hingga Samsung Galaxy Tab menggunakan jenis chipset ini.

4. Exynos
Samsung mengembangkan jenis chipset khusus untuk produk smartphonenya, yakni Exynos. Chipset Samsung ini diklaim lebih maksimal untuk bermain game 3D tanpa masalah lag.

Meskipun diproduksi oleh Samsung, namun chipset buatannya bisa digunakan oleh beberapa merk smartphone lain, seperti Lenovo, Meizu, dan merk ponsel lain.

5. Tegra
Di lini smartphone, pencetus jenis chipset quad-core berasal dari NVIDIA. Tegra merupakan salah satu chipset handal untuk memutar video 4K, bermain game HD, hingga lebih hemat baterai.

Brand ponsel Android seperti Samsung, ASUS, hingga Motorola pun menggunakan chipset pabrikan Nvidia ini.

BACA JUGA: Kelebihan Smartphone Dual Kamera

Demikian sejumlah chipset smartphone terbaik dan terpopuler yang bisa Anda gunakan untuk saat ini.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama