Tempuh Jarak 300 Km, Pemuda Ini Pilih Mudik Lebaran ke Tasikmalaya Naik Sepeda

Tempuh Jarak 300 Km Pemuda Ini Pilih Mudik Lebaran ke Tasikmalaya Naik Sepeda
Tempuh Jarak 300 Km Pemuda Ini Pilih Mudik Lebaran ke Tasikmalaya Naik Sepeda

BERITA TASIKMALAYA, RANCAH POST – Lebaran merupakan hari yang sangat dinantikan oleh sebagian besar Muslim di Indonesia.

Saat menjelang lebaran, mereka yang mencari kehidupan di kota biasanya akan kembali ke kampung halaman untuk bertemu dan melepas rindu dengan sanak famili yang sudah lama tak bersua.

Hal itulah yang dilakukan pula oleh seorang pemuda bernama Devan Asmasubrata, 23 tahun.

Hanya saja, Devan tidak mudik ke kampung halaman seperti kebanyakan warga yang mengendarai kendaraan, Devan mudik ke kampung halaman dengan mengayuh sepeda.

Di Tanjakan Nagrog, Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Devan berhenti sejenak setelah seharian mengayuh sepeda dari Tangerang menuju Tasikmalaya di mana rumahnya berada.

Istirahat itu Devan lakukan agar staminanya tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa.

“Ini sudah kedua kalinya saya mudik lebaran dari Tangerang ke Tasikmalaya menggunakan sepeda,” aku Devan, dilansir Detik.

Dalam kesempatan itu, Devan yang mudik dengan sepeda itu memasang hammock agar dirinya bisa selonjoran melenturkan otot kaki.

“Bohong kalau ada yang bilang tidak capai, tapi saya menikmatinya itung-itung sambil liburan,” kata Devan.

Dengan mengayuh sepeda, rute yang ditempuh Devan dari Tangerang ke Tasikmalaya lebih dari 300 kilometer. Untuk sampai ke Tasikmalaya, Devan membutuhkan waktu 2 hari 3 malam.

Devan sendiri berangkat hari Jumat (8/6/2018) dari Tangerang untuk mudik lebaran 2018 ke Tasikmalaya.

“Tinggal lewat Garut dan saya akan sampai ke Tasikmalaya. Sebelum Tarawih ditargetkan sudah sampai ke rumah,” kata pemuda yang bekerja di mini market yang ada di Tangerang tersebut.

Sebelum tiba di Nagreg, Devan melewati beberapa wilayah seperti Karawang, Cikampek, Purwakarta, Bandung Barat, Cimahi, dan Kab. Bandung.

Selama perjalanan mudik lebaran 2018, Devan istirahat beberapa kali di SPBU dan tepi jalan. Tak lupa Devan membawa matras yang ia gunakan untuk istirahat.

BACA JUGA: Arus Mudik Lebaran 2018, Bus Angkut Pemudik Terlibat Tabrakan Beruntun di Cipali

“Mudik pakai sepeda itu selain sabar, juga punya kemauan dan kondisi fisik yang fit,” tutur Devan.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama