23.5 C
Ciamis
Beranda Teknologi Google Doodle Siapa Gabriel Garcia Marquez yang Muncul dalam Google Doodle Hari Ini?

Siapa Gabriel Garcia Marquez yang Muncul dalam Google Doodle Hari Ini?

RANCAH POST – Google doodle hari ini memperlihatkan sosok seorang pria berkumis. Di sampingnya, terlihat pula ilustrasi rumah, kapal laut, kereta, dan sepasang manusia.

Lantas siapakah pria berkumis tersebut? Rupanya, pria itu adalah Gabriel García Márquez yang lahir pada hari ini.

Marquez sendiri merupakan seorang jurnalis, novelis, penerbit, dan aktivis politik asa Kolombia.

Banyak orang menyapa Gabriel Garcia Marquez dengan sebutan Gabo. Gabo lahir pada 6 Maret 1927 dan meninggal pada 17 April 2014 di Kota Meksiko ketika berusia 87 tahun.

Google memperingati hari kelahiran Gabriel Garcia Marquez lantaran ia merupakan seorang penulis berbahasa Spanyol terbaik dan penulis paling penting pada abad ke-20.

Karya yang membuat Gabriel Garcia Marquez berjaya adalah novel berjudul “Kisah tentang Seorang Pelaut yang Karam” yang ia tulis secara bersambung di surat kabar pada tahun 1955.

Meski basisnya jurnalis, Gabriel Garcia Marquez kerap menulis novel non fiksi atau lebih tepatnya bersifat realisme magis.

Istilah realisme magis itu muncul dikarenakan gaya bercerita yang memadukan kehidupan nyata dan hal gaib.

Karirnya sebagai jurnalis dimulai sebagai wartawan pada surat kabar El Espectador. Selain itu, Gabriel Garcia Marquez juga pernah menjadi koresponden asing di Paris, Barcelona, Roma, Caracas, dan New York.

Tak hanya sebagai jurnalis, Gabriel García Márquez juga dikenal sebagai aktivis politik dan bersahabat dengan Pemimpin Kuba Fidel Castro.

Tahun 1982 merupakan puncak kejayaannya, Marquez didaulat menerima penghargaan Nobel di bidang sastra. Namun sepuluh tahun setelahnya, ia didiagnosa menderita kanker kelenjar getah bening.

Tak hanya kanker, Marquez juga didiagnosa demensia hingga akhirnya meninggal di Kota Meksiko pada tanggal 17 April 2014.

Gabriel Garcia Marquez
Semasa hidup, Marquez menikah dengan Mercedes Barcha Pardo dan memiliki dua anak bernama Rodrigo García Barcha dan Gonzalo García Barcha.

BACA JUGAPaula Modersohn-Becker, Pelukis Diri Sendiri Tanpa Busana yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Meski sudah meninggalkan alam fana ini, Gabriel Garcia Marquez tetap menjadi ikon budaya di dunia sastra dan jurnalistik, khususnya di Amerika Latin.

Stay Connected

105,281FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here