32.8 C
Ciamis
Beranda Teknologi Google Doodle Paula Modersohn-Becker, Pelukis Diri Sendiri Tanpa Busana yang Jadi Google Doodle Hari...

Paula Modersohn-Becker, Pelukis Diri Sendiri Tanpa Busana yang Jadi Google Doodle Hari Ini

RANCAH POST – Google Doodle hari ini memperlihatkan ilustrasi seorang wanita yang dikelilingi lukisan dan terlihat tengah memegang kuas cat lukis.

Lantas siapakah wanita yang bisa dipastikan sebagai seorang pelukis tersebut?

Ya, dia adalah Paula Modersohn-Becker, seorang seniman ekspresionis yang berani mengungkapkan keberanian, ambisi, ketegasan, dan perasaannya sendiri melalui sebuah lukisan.

Paula diketahui sebagai pelukis muda asal Jerman yang lahir pada 8 Februari 1876.

Tak ubahnya seperti lukisan Matisse dan Picasso, lukisan Paula Modersohn-Becker juga menggunakan konsep modernisme.

Laman Wikipedia menyebutkan, Paula Modersohn-Becker merupakan pelukis wanita pertama yang berani melukis dirinya sendiri tanpa mengenakan busana.

Dalam lukisan tanpa busana dirinya, Paula terlihat memegang perut seolah-olah dirinya tengah mengandung.

Bakat melukis Paula Modersohn-Becker terlihat sejak dia berkunjung ke rumah bibinya di London. Di London, ia kemudian belajar menggambar di St John’s Wood Art School.

Sembari belajar, Paula menjadi guru lukis untuk membiayai kuliahnya. Di usianya yang ke-22, Paula kemudian memutuskan untuk pndah ke Bremen.

Di Bremen, ia bertemu dengan Otto Modersohn, pria yang dinikahinya pada tahun 1901. Demi mengejar ambisinya menjadi pelukis handal, Paula memutuskan pergi ke Paris dan hidup terpisah dengan suaminya.

Tahun 1906, Paula mencapai kejayaannya sebagai pelukis dan memutuskan kembali untuk tinggal bersama suaminya hingga akhirnya lahir seorang anak yang dinamai Mathilde pada 2 November.

Kebahagiaan itu tidak berlangsung lama. 19 hari setelah melahirkan, Pula mengeluh sakit pada kakinya. Dokter pun menyarankan Paula untuk istirahat sementara.

Tepat tanggal 21 November, Paula Modersohn-Becker meninggal secara tiba-tiba setelah diuruh untuk mencoba berjalan beberapa langkah.

BACA JUGA: Teresa Teng, Diva Asia yang Nyanyikan Lagu Indonesia Jadi Google Doodle Hari Ini

Meski meninggal di usia 31 tahun, Paula Modersohn Becker telah menghasilkan karya berupa 1000 gambar dan 750 lukisan yang beberapa di antaranya kini bernilai fantastis hingga miliaran rupiah.

Stay Connected

105,088FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here