Jumat, 3 Juli 2020
Beranda Harga dan Spesifikasi Nokia Harga Nokia 1 dan Spesifikasi, Ponsel Murah Pertama dengan OS Android Go...

Harga Nokia 1 dan Spesifikasi, Ponsel Murah Pertama dengan OS Android Go Pertama

RANCAH POSTHarga Nokia 1. Anggapan bawha Nokia cuma fokus di pasar high-end tampaknya tidak benar sama sekali. Terbukti dari apa yang dilakukan Nokia pada MWC kemarin, dimana perusahaan kenamaan ini baru saja memperkenalkan Nokia 1.

Jika melihat hirarki ponsel Nokia saat ini, maka status dan kedudukan Nokia 1 harusnya berada di bawah Nokia 2. Jelas, ponsel ini masuk jajaran smartphone low-end, dan jelas juga bahwa harga Nokia 1 haruslah dibanderol terjangkau.

Nokia 1 memang sengaja hadir untuk merangkul para fans lama Nokia di kelas entry-level. Menawarkan spesifikasi secukupnya agar bisa dibanderol terjangkau. Namun jangan diremehkan dulu, karena performa Nokia 1 tidak akan kalah dari ponsel pesaing di kelasnya.

Pasalnya, selain menjadi smartphone termurah dan terendah Nokia saat ini, Nokia 1 juga merupakan smartphone pertama yang mengusung OS Android Go Edition. OS khusus yang dikembangkan Google untuk berjalan pada ponsel low-end tanpa masalah berarti.

Tak cuma menawarkan performa yang lebih baik ketimbang OS Android biasa, Android Go Edition yang kebetulan merupakan Android 8.0 Oreo Go pada Nokia 1 ini memiliki kelebihan lain. Untuk lebih mengetahuinya, simak ulasan singkat ini.

Spesifikasi Nokia 1

Bicara soal spesifikasi Nokia 1 lebih dulu. Kita akan membahas mengenai hardware dan fitur yang ditawarkan pada ponsel ini.

Pertama adalah dukungan layar berteknologi IPS LCD yang disematkan di bagian depan. Layar ini memiliki ukuran 4,5 inci, dengan resolusi 480 x 854 piksel, dan mempunyai kerapatan layar mencapai 218 ppi.

Layar ponsel ini dibalut bodi berdesain rounded pada bagian ujung ponsel. Dengan menggunakan material plastik di bagian punggung, dan tentu saja baterai removeable.

Ukuran bodi Nokia 1 sendiri tidak bisa dikatakan menawan, dengan dimensi 133,6 x 67,8 x 9,5mm yang terkesan lebih tebal.

Namun untuk masalah dapur pacu, Nokia 1 ini mengandalkan prosesor MediaTek MT6737M yang dipacu dengan CPU quad-core 1,1 Ghz Cortex-A53, dan didukung chip grafis Mali-T720.

Nokia 1 juga menawarkan memori yang cukup standar, yakni cuma 1GB RAM dengan 8GB ROM. Tentu saja, tersedia slot microSD dengan kapasitas maksimal 128GB.

Nokia juga membekali ponsel murah ini dengan kamera 5MP sebagai kamera andalan di bagian punggung, yang sudah disertai dukungan LED Flash. Sementara di depan, kamera selfie 2MP disiapkan untuk berbagai kebutuhan.

Nokia juga tidak mengabaikan sisi konektivitas. Dimana teknologi 4G LTE dibuat sudah tersemat pada ponsel menarik ini. Sementara untuk koneksi lain, Anda akan dipuaskan dengan WiFI 802.11 b/g/n dengan fitur hotspot.

Ditambah dukungan Bluetooth v4.2, GPS dengan A-GPS, dan port microUSB v2.0 untuk pengisian daya dan transfer data.

Nokia 1 juga menawarkan baterai Li-ion berkapasitas 2150 mAh yang bisa dipasang dan dilepas sesuka hati sebagai sumber tenaga utama ponsel.

Adapun untuk OS yang ditawarkan. Kita membahas OS Android 8.0 Oreo Go Edition di sini. Android Go sendiri merupakan racikan baru Google, dimana OS Android sudah dirombak sedemikian rupa, agar ramah bagi kantong terbatas.

Pertama, Android Go ini menawarkan performa yang lebih baik untuk ponsel low-end, dengan spesifikasi rendah. Karena memang dibuat khusus untuk hp berspesifikasi rendah.

Kedua, Android Go juga dibuat sehemat mungkin dalam keseharian. Seperti diketahui, OS Android, khususnya yang dipakai pada model ponsel flagship saat ini serba terkoneksi ke layanan cloud dan internet. Banyak fitur yang membutuhkan koneksi data dalam jumlah besar atau terus menerus.

Android Go ini sendiri mengurangi hal tersebut, jadi bisa lebih hemat. Aplikasi yang dipakai juga kebanyakan irit dan ramah kuota, serta tidak memberatkan proses. Seperti YouTube Go, Facebook Lite dan lain sebagainya.

Harga Nokia 1 dan Spesifikasi, Ponsel Murah Pertama dengan OS Android Go Pertama
Nokia 1

Spesifikasi Lengkap Nokia 1

JaringanGSM / HSPA / LTE
Bodi133,6 x 67,8 x 9,5 mm
Layar IPS LCD 4,5 inci, 480 x 854 piksel, 218pp
OSAndroid 8.0 Oreo Go Edition
ChipsetMediaTek MT6737M, quad-core 1,1 GHz Cortex-A53
GPUMali-T720
MemoriRAM 1GB, ROM 8GB, microSD 128GB
Kamera Utama5MP, LED Flash
Kamera Depan2MP
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth4.2, A2DP
GPSYa, dengan A-GPS
USBmicroUSB v2.0
Sensoraccelerometer, proximity
BateraiLi-ion 2150mAh, Removeable
WarnaWarm Red, Dark Blue
Harga Rp1.170.000,- (perkiraan)

Harga Nokia 1

Dengan spesifikasi Nokia 1 yang berada di bawah Nokia 2 sekalipun. Bahkan bisa langsung dikatakan sebagai smartphone kelas low-end, maka tidak diragukan lagi bahwa harga Nokia 1 di pasaran bakal murah nantinya.

Meski demikian, masih ada waktu hingga Nokia 1 benar-benar dirilis. Dan mengingat bahwa ponsel ini menargetkan pasar berkembang dengan kebutuhan tinggi dan kemapanan layanan dan fasilitas yang masih belum mencukupi, maka tak diragukan lagi, bahwa Indonesia bisa masuk salah satu target dari ponsel ini.

Dengan kata lain, kemungkinan hadirnya Nokia 1 di Indonesia cukup tinggi. Meski belum jelas apakah ia memang akan masuk Indonesia maupun berapa harga Nokia 1 di Indonesia saat ini.

Sejauh ini kita baru bisa mengira-ngira saja. Misalnya seperti saat meluncur, Nokia 1 dikatakan bakal dibanderol mulai EUR70 di beberapa wilayah. Yang jika dirupiahkan sekitar Rp1,17 jutaan. Kurang lebih Rp1 jutaan.

BACA JUGA :

Nokia 1 ini juga akan hadir dalam dua pilihan warna. Yakni Warm Red dan Dark Blue.

Demikian review mengenai harga dan spesifikasi Nokia 1. Ponsel murah kelas low-end dengan Android Go dan brand kenamaan, Nokia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,406FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan