Connect with us

Tips Mudah Cara Mengatasi Iklan di Android Tanpa Root dan Flash

Tips Mudah Cara Mengatasi Iklan di Android Tanpa Root dan Flash
Cara Mengatasi Iklan di Android (OPERA)

Tips n Trik

Tips Mudah Cara Mengatasi Iklan di Android Tanpa Root dan Flash

RANCAH POSTCara Mengatasi Iklan di Android. Salah satu kelebihan OS Android dibanding OS mobile lain yang dibuat open source ini adalah hak developer dan vendor smartphone untuk meracik sendiri OS ini agar sesuai dengan performa dari hardware mereka.

Namun hak akses itu pulalah yang menjadi salah satu kelemahan dari Android. Dimana para vendor smartphone yang ‘sedikit jahil’ kadang bisa membuat pengguna kocar-kacir dan kebingungan. Pusing dan repot gegara berbagai fitur yang mereka pasang, yang sebenarnya tidak berguna.

Misalnya seperti aplikasi bawaan yang terkenal di merek hp Samsung dan beberpaa smartphone lokal. Namun lebih parah lagi adalah keberadaan iklan yang muncul setiap saat, dan entah dari mana asalnya.

Beberapa vendor bahkan ketahuan memasang skrip iklan di OS yang dipakai pengguna. Sehingga setiap kali membuka kunci layar misalnya, atau sedang melakukan sesuatu, iklan berukuran full screen muncul dan mengganggu.

Kasus ini banyak dikeluhkan para pengguna hp Advan khususnya. Sehingga mereka banyak mencari berbagai cara menghilangkan iklan di Android.

Ya, sebenarnya bukan cuma vendor nakal saja, penyebab iklan di Android muncul tiba-tiba juga bisa beragam. Bisa karena Android terkenal virus atau malware, atau karena ada aplikasi tertentu yang membuat iklan muncul tiba-tiba di hp Android.

Kebanyakan aplikasi adalah aplikasi ‘gila’ yang disematkan oleh vendor atau distributor smartphone pada OS yang dipakai, sehingga sulit untuk menghapus aplikasi tersebut, selain melalui cara root Android.

Selain muncul di layar HP Android, iklan juga banyak kita temui saat sedang melakukan browsing di hp Android. Iklan-iklan ini memang sudah biasa ada di website atau blog pada umumnya.

Namun ada kalanya kemunculan iklan yang menutupi seluruh layar browser di HP Android juga bisa sangat mengganggu. Apalagi jika sedang membuka situs ‘lebay’ yang memasang berbagai iklan ‘tidak kira-kira’ dan mengganggu kita untuk membaca atau menikmati konten yang ada.

Jelas yang ginimah harus diatasi. Dan ada kok, cara mengatasi iklan di Android tanpa perlu root atau install aplikasi tambahan. Meski beberapa juga membutuhkan dukungan aplikasi tambahan.

BACA JUGA : 

Namun dijamin, jika aplikasi yang kita unduh terpercaya dan aman, tidak akan menimbulkan efek samping. Dan jelas, cara mengatasi iklan di Android dengan aplikasipun bisa menjadi salah satu solusi yang patut dicoba.

Nah, berikut beberapa cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul di Android.

Cara Mengatasi Iklan di Android

Seperti dikatakan sebelumnya, ada beberapa jenis iklan yang muncul di Android. Dari iklan di web sata sedang browsing, hingga iklan yang tiba-tiba muncul di layar Android.

Untuk mengatasinya, silahkan simak tips berikut ini.

1. Mengatasi Iklan Pada Google Chrome

Bisa dibilang menggunakan Chrome adalah salah satu cara mengatasi iklan di Android ketika sedang browsing. Dan cara ini hanya berlaku ketika kita sedang browsing atau membuka laman web.

Pastikan Anda menggunakan aplikasi Google Chrome dan mengaktifkan pengaturan berikut ini.

Cara menghilangkan iklan saat browsing di Google Chrome Android

Pertama masuk ke menu Setting > Site settings > Pop-ups. Lalu kemudian nonaktifkan pengaturan tersebut.

Cara diatas merupakan cara mematikan iklan pop-up di Android saat browsing.

Beda lagi Jika anda ingin memblokir semua iklan yang muncul ketika sedang browsing. Anda perlu mematikan pengaturan JavaScript.

Cara mematikan javascrip di Chrome adalah dengan masuk ke menu Settings > Site settings > JavaScript > kemudian nonaktifkan.

Tips Mudah Cara Mengatasi Iklan di Android Tanpa Root dan Flash

Sayangnya cara ini juga bisa menimbulkan efek samping berupa matinya sejumlah fitur pada website tertentu yang memakai fungsi Java Script.

2. Menghapus Iklan di Android dengan Aplikasi AdBlock Browser

Cara menghilangkan iklan di Android dengan aplikasi AdBlock Browser ini cukup dikenal ampuh loh. Soalnya aplikasinya resmi dan sudah bisa dipercaya, toh pengembang AdBlock sendiri adalah pengembang yang sudah dipercaya dan terkenal.

Tapi awas, jangan salah mengunduh aplikasi palsu, nanti bahaya loh.

Dan untuk cara mengatasi iklan dengan AdBlock Browser di Android ini juga terbilang mudah dan simpel. Karena tidak perlu melakukan setting ini itu. Cukup install dan selesai.

Tips Mudah Cara Mengatasi Iklan di Android Tanpa Root dan Flash

Aplikasi AdBlock Browser tersedia di Google Play Store dan gratis loh. Dan tetap hati-hati dengan apliakasi AdBlock palsu ya.

3. Browsing Tanpa Iklan Menggunakan UC Browser

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi browser di PC, UC Browser dan sejumlah aplikasi browser Android sudah dibekali penghapus iklan atau adblock.

UC Browser juga dikenal cukup ampuh dalam mencegah iklan muncul saat sedang melakukan browsing.

Namun tetap butuh sedikit sentuhan pengaturan untuk mengaktifkan fitur ini. Caranya sendiri cukup mudah, masuk ke menu Setting > scroll ke bawah > pilih Ad Block.

Setelah itu pilih aktifkan Ad Bloker. Dan jika ingin lebih total, kamu bisa mencoba mengaktifkan fitur Powerful Ad Blocker.

BACA JUGA :

Cara Menghilangkan Iklan di Game dan Aplikasi Android dengan Aplikasi NoRoot Firewall

Aplikasi ini dikenal cukup ampuh mengatasi munculnya iklan di aplikasi atau game di Android. Yang sejatinya sulit diatasi dengan AdBlock Plus dan cara lain.

Sebenarnya, apliakasi NoRoot Firewall ini bukanlah aplikasi untuk menghilangkan iklan di game Android. Melainkan untuk mencegah iklan muncul dengan memotong koneksi data.

Dengan kata lain, dibanding aplikasi penghapus iklan, NoRoot Firewall ini lebih cocok disebut aplikasi managemen data.

Alasan kenapa iklan bisa muncul saat bermain game adalah karena kita terhubung ke internet. Jika data dimatikan, maka iklan tidak akan muncul. Namun ini cukup merepotkan, karena berbagai aplikasi sepert WhatsApp dan Facebook juga akan kehilangan akses internet.

Dengan aplikasi NoRoot Firewall ini kita bisa mengatur, aplikasi dan game mana saja yang boleh terkoneksi ke Internet, dan mana yang tidak boleh.

Maka kita akan bisa tetap terhubung ke internet tanpa menemui iklan di game yang kita mainkan.

Tips Mudah Cara Mengatasi Iklan di Android Tanpa Root dan Flash

Namun perlu diketahui juga, bahwa cara menghapus iklan dari game dan aplikasi Android ini cuma berlaku untuk game offline saja. Tidak untuk game online yang benar-benar membutuhkan akses ke internet.

Pemasangan iklan di aplikasi dan game Android sebenarnya bukanlah masalah, malah hal normal dan positif, selama masih berada di batas normal.

Bayangkan saja, si pengembang mengizinkan kita memainkan game mereka secara gratis, dan sebagai imbalannya, kita membiarkan iklan muncul dan si pengembang mendapat pendapatan dari penayangan iklan tersebut.

Dengan demikian kita sama-sama untung. Namun dengan catatan penempatan dan penayangan iklan normal. Misalnya pada jendela loading, pada menu utama dimana tidak menggangu permainan misalnya, atau dalam posisi apapun yang tidak mengganggu.

Yang tidak sopan itu ketika pengembang memasang iklan yang selalu muncul tiba-tiba tanpa diketahui. Entah saat kita sedang memainkan game atau memakai aplikasi ataupun tidak.

Dan beberapa vendor menggunakan cara kotor ini untuk mendapat pemasukan tambahan.

Dan jika sudah melanggar privasi dan kenyamanan seperti ini, terpaksa kita harus memanfaatkan cara mengatasi iklan di Android seperti beberapa tips diatas. Sekadar untuk mendapatkan kembali privasi dan kenyamanan kita yang direbut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Tips n Trik

Advertisement
To Top