Rabu, Desember 2, 2020
Beranda Lifestyle Kuliner Sederhana Tapi Menggugah Selera, Inilah Menu Buka Puasa Lengkap yang Bikin Ngiler

Sederhana Tapi Menggugah Selera, Inilah Menu Buka Puasa Lengkap yang Bikin Ngiler

RANCAH POST – Menu buka puasa. Enggak terasa moms, waktu sudah menunjukan pukul 12 siang, itu berarti saatnya buat kita prepare masak untuk buka puasa nanti. Jangan bilang di hari ke-7 ini moms masih bingung, ya.

Kalau masih bingung juga, jangan khawatir moms. Karena seperti biasa kita akan kasih menu buka puasa lengkap yang bikin keluarga semangat terus menjalankan ibadah puasanya. Yuk, langsung saja simak resepnya berikut ini.

Menu Berbuka : Resep Oseng Udang Pedas

Bahan-bahan :

250 gr udang
5 buah cabai rawit
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jahe
2 lembar daun jeruk purut
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat :

Pertama, cuci bersih udang kemudian sisihkan. Setelah itu iris cabai, bawang merah dan bawang putih. Tumis sampai harum. Lalu masukan udang, jahe dan daun jeruk. Tambahkan air, gula dan garam secukupnya. Masak sampai matang. Oseng udang pedas pun siap disajikan.

Menu Takjil : Resep Bubur Sumsum Nangka

Bahan-bahan :
100 gr tepung beras
500 ml air
500 ml santan
2 lembar daun pandan
1/4 sdt garam

Bahan kuah :

150 gr gula merah
300 ml air
2 lembar daun pandan
Garam secukupnya
5 buah nangka

Cara membuat :

Pertama, campurkan santan dan air lalu bagi jadi dua bagian. Campurkan tepung beras dan garam kemudian beri setengah campuran santan dan aduk hingga rata.

Tambahkan daun pandan pada campuran santan yang tadi sudah disisihkan dan masak sampai mendidih sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.

Selanjutnya, maskan campuran tepung beras sambil terus diaduk agar bubur halus dan tidak ada tepung yang menggumpal. Setelah bubur kental, matikan api dan sisihkan.

Siapkan bahan kuah dan masak semu bahan kecuali nangka sampai larut dan mendidih. Potong-potong nangka dan masukan dalam kuah. Aduk sebentar lalu matikan api. Sajikan bubur dengan kuah nangka.

Menu Sahur : Resep Telur Ceplok Bumbu Balado

Bahan-bahan :

3 butir telur
5 siung bawang merah, iris
2 lembar daun jeruk
1/2 sdm air asam jawa
50 ml air
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Bumbu halus :

2 siung bawang putih
5 buah cabai merah besar

Cara membuat :

Pertama, panaskan minyak dan buat telur ceplok satu persatu. Saat menggorreng, taburi garamm diatasnya. Setelah matang angkat dan tiriskan. Kemudian tumis bawang merah sampai harum.

Setelah itu, masukan bumbu halus dan daun jeruk lalu aduk hingga rata. Tambahkan air dan air asam jawa. Masak sampai mendidih. Setelah mendidih masukan telur dan aduk hingga rata. Telur ceplok bumbu balado pun siap disajikan.

Nah moms, itu tadi menu buka puasa lengkap untuk menu buka puasa di hari ke-7 bersama keluarga nanti. Gimana, resep yang mudah bukan? Dijamin keluarga bakalan lahap makannya.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here