RANCAH POST – Penyebab bibir pecah-pecah. Ayo ngaku, siapa disini yang bibirnya nggak pernah absen dari lipstik setiap harinya? Selain sederet lipstik dengan warnanya yang selalu sukses menggoda, rasanya riasan wajah juga terasa belum lengkap tanpa lipstik ya girls.

Bahkan, ada juga cewek yang rela nggak pakai produk make up apapun yang penting lipstiknya tetap on. Intinya sih, cewek nggak bisa lepas dari lipstik. Iya nggak?

Tapi gimana soal perawatan bibirnya? Serajin seperti pakai lipstik atau nggak? Perawatan bibir itu penting lho guys. Jangan sampai kamu baru merawat saat bibir sudah terlanjur kering dan juga pecah-pecah. Nah, agar terhindar dari bibir pecah-pecah, yuk cari tahu penyebab bibir pecah-pecah itu sendiri.

Kebiasaan membasahi bibir

Saat bibir terasa kering, tanpa sadar kamu menjilat bibir agar kulit bibir menjadi basah. Ups, kebiasaan ini ternyata nggak baik dan wajib dihindari. Air liur memiliki kandungan air, enzim, elektrolit dan komponen anti-bakterial. Nggak ada kandungan pelembapnya sehingga air liur tidak bisa mengurangi penguapan air pada bibir. Bukannya semakin lembap, yang ada bibir malah semakin kering lho girls. Kalau kebiasaan ini terus dilakukan, yang ada bibir akan pecah-pecah. Ubah kebiasaan menjilat bibir ini dengan menggunakan lip balm saat bibir terasa kering ladies.

Terlalu sering menggunakan pewarna bibir

Tampilan lipstik matte memang sedang jadi tren ya, tapi jenis lipstik ini ada yang formulanya cenderung membuat bibir kering bahkan sampai pecah-pecah setelah digunakan. Jika kamu pencinta lipstik jenis ini, coba sesekali mengistirahatkan bibir dari lipstik matte ya. Kalau masih tetap ingin memakai lipstik matte, pastikan kamu meyapukan lip balm sebelum menggunakan lipstiknya ya. Pilih juga lipstik matte yang dilengkapi dengan kandungan pelembap yang cukup ladies. Selain itu, jangan biasakan tidur dengan produk lipstik yang masih menempel pada bibir.

Dehidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi, biasanya bibir jadi pertanda awalnya ladies. Hal ini terjadi karena bibir tidak mempunyai kelenjar minyak untuk menjaga kelembapan layaknya kulit tubuh. Yuk, mulai biasakan untuk rutin minum air sekitar 8 gelas setiap harinya supaya tubuh terhindar dari dehidrasi. Bibir pun tetap lembap dan terhindar dari kondisi bibir pecah-pecah girls.

Terlalu berlebihan mengonsumsi vitamin A

Segala sesuatu yang berlebihan tentu saja akan membawa dampak buruk ya girls. Bahkan, mengonsumsi vitamin terlalu berlebihan juga punya efek negatif pada tubuh. Pernah mengalami bibir pecah-pecah padahal kamu rutin mengonsumsi vitamin? Bisa jadi kamu kelebihan vitamin tuh.So, konsumsilah vitamin sesuai kebutuhan ya.

Menggunakan produk lip plump

Tampilan bibir penuh yang sedang jadi tren tentu membuat banyak cewek ingin memiliki bibir bervolume. Bagi mereka yang mempunyai bibir tipis, biasanya lip plump jadi salah satu opsi terbaiknya. Cukup diulaskan, dan secara instan tampilan bibir pun tampak penuh. Di balik efek ini, kamu juga perlu cermat memperhatikan kandungan pada lip plump yang digunakan. Sebaiknya hindari lip plump dengan kandungan yang berisiko mengiritasi bibir, seperti menthoxypropanediol, capsicum, menthol, ginger dan juga mint oils.

Nah ladies, itu tadi beberapa penyebab bibir pecah-pecah. Mulai sekarang, segeralah hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang berpengaruh pada kesehatan. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply