RANCAH POST – Resep seblak Bandung. Bandung tidak pernah mati berinovasi, setiap harinya selalu ada jajanan baru yang menjadi tren di kalangan masyarakat kota kembang tersebut.

Salah satunya yakni seblak. Seblak ini terbuat dari berbagai macam sayuran yang di lengkapi dengan bumbu khas dan telur ayam. Yang membuat seblak ini tidak kalah unik adalah tambahan bahan kerupuk yang sudah di rendam terlebih dahulu, menjadikan jajanan ini populer di kalangan warga Bandung.

Seblak merupakan jajanan yang bisa kalian jumpai kalau kalian singgah ke kota Bandung. Seblak merupakan sebutan lain untuk kerupuk. Kalau di Bandung ada dua macam yaitu seblak basah dan juga seblak kering. Seblak kering sama bentuknya seperti kerupuk hanya saja diberi tambahan bubuk cabe atau bumbu lainnya yang membuat rasanya khas.

Sedangkan seblak basah terbuat dari kerupuk yang direndam terlebih dulu sehingga teksturnya jadi kenyal dan empuk. Well, untuk kalian yang penasaran dengan cara membuat seblak basah, berikut kami berikan resepnya, simak baik-baik ya.

Resep Seblak Bandung

Bahan-bahan :

5 gr kerupuk merah mentah, rendam dalam air mendidih
3 buah bakso sapi, potong sesuai selera
2 buah sosis ayam, potong sesuai selera
1 butir telur
Sawi putih, potong-potong
Kecap manis pedas gurih
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Penyedap rasa Secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

8 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
5 siung bawang merah
1 siung bawang putih
2 cm kunyit
2 cm kencur

Bahan pelengkap :

Irisan daun bawang
Bawang goreng

Cara membuat :

Pertama, cuci kerupuk merah lalu rendam dalam air mendidih dan diamkan hingga kerupuk benar-benar empuk kemudian tiriskan. Panaskan minyak, lalu masukan telur dan bumbu yang sudah dihaluskan. Tumis hingga bumbu harum. Setelah bumbu harum, masukan bakso, sosis, dan juga sawi putih. Masak hingga sayuran sedkit layu lalu masukan kerupuk yang sudah di rendam tadi. Tambahkan air sedikit agar tidak lengket. Kemudian tambahkan garam, gula dan penyedap rasa secukupnya. Beri kecap manis pedas gurih secukupnya, masak hingga air sedikit mengental. Setelah matang, sajikan dan beri pelengkap berupa irisan daun bawang dan bawang goreng. Seblak basah pun siap untuk disajikan.

Itu tadi resep seblak basah khas Bandung pedas nikmat yang bisa ladies coba di rumah. Gimana, resep yang mudah bukan? Selain itu, ladies juga bisa coba resep seblak basah ceker yang nggak kalah nikmatnya. Selamat mencoba.

Share.

Leave A Reply