Sabtu, 4 Juli 2020
Beranda Lifestyle Kuliner 7 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

7 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

RANCAH POST – Makanan khas Bali. Untuk kamu yang suka liburan ke Bali, pasti nggak lengkap rasanya kalau nggak nyobain makanannya. Tidak hanya memiliki pantai yang indah, Bali juga mempesona dengan makanan khasnya.

Untuk kalian yang Muslim jangan khawatir, karena disana ada makanan khas Bali Halal, jadi nggak perlu takut untuk berwisata kuliner di Bali. Nah, berikut ini kami berikan 7 makanan khas Bali yang bisa kamu coba jika berlibur kesana.

Makanan Khas Bali

Tipat blayag

Sebenarnya makanan yang satu ini berasal dari Buleleng Bali. Kuliner ini terbuat dari ketupat tapi bentuknya berbeda. Tipat Blayag mempunyai bentuk meililit panjang.

Biasa orang-orang akan memakannya dengan ayam sisit, kacang kedelai, sayur urab, dan juga lauk lainnya. Makanan Khas Bali ini menggunakan bumbu yang terbuat dari olahan tepung beras yang di campur dengan beberapa bumbu rempah khas Bali.

Rujak kuah pindang atau rujak bulung

Rujak ini mempunyai rasa yang berbeda dengan rujak khas Jawa. Rujak Pindang ini merupakan kombinasi dari beberapa irisan buah yang ditambahkan dengan rumput laut.

Pasti ladies membayangkan kuliner ini mempunyai rasa yang segar di tambah dengan kuah pindangnya yang terbuat dari ikan tuna. Kalau kalian coba, di jamin bakal ketagihan deh.

Sate lilit

Pastinya kamu tidak asing lagi kan dengan Makanan Khas Bali yang satu ini, yap sate lilit. Senada dengan namanya, sate ini terbuat dari daging cincang yang dipadukan dengan beberapa rempah-rempah kkhas Bali kemudian dililitkan pada tusuk sate.

Kuliner yang satu ini biasanya terbuat dari daging ayam, babi atau ikan tenggiri. So, kalian bisa pilih mana yang kalian suka.

Nasi jinggo

Di daerah Jawa Tengah dan juga Yogyakarta banyak sekali yang menjual nasi kucing. Tapi kalau di Bali, ladies akan di manjakan dengan nasi jingo atau jenggo.

Makanan Khas Bali ini merupakan nasi dengan ukuran sekepal tangan yang di kombinasikan dengan daging ayam suwir, mi goreng, tempe goreng, dan yang paling nendang yakni sambal super pedas. Biasanya kuliner yang satu ini di sajikan di atas daun pisang.

Ayam betutu

Tidak lengkap berlibur ke Bali jika tidak menikmati Makanan Khas Bali ini. Kuliner pedas yang terbuat dari berbagai rempah-rempah Bali, kemudian di masukkan kedalam perut ayam, di balut daun pisang dan di bakar dengan menggunakan bara api sekam.

Lawar kawir

Makanan ini terbuat dari berbagai  sayuran dan juga daging cincang, yang kemudian di olah bersama dengan bumbu khas Bali serta parutan kelapa. Daging yang biasanya di gunakan adalah daging bebek atau juga daging babi.

Nasi campur ayam Bali

Untuk kamu yang ingin mencoba semua Makanan Khas Bali, kalian bisa mencobanya hanya dalam sajian satu piring. Satu porsi kuliner ini menyajikan suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, lawar ayam, dan juga sate lilit.

Nasi campur ayam Bali akan semakin nikmat jika disantap dengan sambel matah dan sambel embe khas Bali.

Itu tadi 7 makanan khas Bali yang wajib dicoba. Nggak lengkap rasanya pergi liburan ke Bali kalau nggak nyobain wisata kuliner di Bali. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,397FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan