RANCAH POST – Makanan yang harus dihindari saat batuk. Saat terserang batuk, butuh waktu yang cukup lama untuk sembuh total dari gejala tersebut.

Selain harus mengonsumsi obat secara rutin, menghindari jenis makanan tertentu juga disarankan agar batuk cepat sembuh. Dan ternyata bukan cuma gorengan ataupun makanan berminyak yang perlu dihindari, tapi juga jenis makanan dan juga minuman lain.

Batuk bisa disebabkan oleh sejumlah hal. Mulai dari alergi, flu, polusi, asap rokok, dan makanan yang dikonsumsi. Kenali penyebab sakit batuk yang kamu rasa untuk bisa mendapatkan obat yang tepat. Juga sebaiknya hindari jenis makanan dan minuman ini agar bisa cepat sembuh.

Makanan yang Harus Dihindari saat Batuk

Susu

Dahak merupakan lendir yang tebal dan juga lengket yang berasal dari bagian belakang tenggorokan yang disebabkan oleh alergi atau flu. Jika batuk yang diderita disertai lendir, hindarilah makanan yang bisa menyebabkan munculnya lendir. Protein dalam susu yang muncul ketika dicerna bisa menyebabkan produksi lendir berlebih di usus.

Kafein

Jika batuk yang diderita disebabkan oleh pilek atau flu, dokter akan menyarankan untuk lebih banyak minum. Hanya saja yang sebaiknya diminum yaitu air putih. Bukan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, cokelat, ataupun minuman bersoda. Minuman berkafein mempunyai efek diuretik sehingga bisa meningkatkan intensitas buang air kecil dan juga membuat tubuh dehidrasi.

Makanan olahan

Apa saja sih jenis makanan olahan itu? Beberapa di antaranya yaitu keripik, ragam camilan dalam kemasan, pasta, dan juga roti. Saat sakit, sistem kekebalan tubuh harus bisa dijaga dengan sangat baik. Dengan menjaga pola makan dan tidak sembarangan mengonsumsi makanan olahan, maka tubuh akan mempercepat proses penyembuhannya.

Buah mangga, pisang, dan jeruk

Buah-buahan yang mengandung asam bisa menyebabkan acid reflux, sehingga bisa memperparah kondisi tenggorokan yang akhirnya memicu batuk. Buah mangga, pisang, dan juga jeruk sebaiknya dihindari karena mempunyai tekstur berlendir dan mengandung getah yang bisa membuat batuk semakin parah bila dikonsumsi. Saat batuk, buah yang sebaiknya dipilih yakni buah yang kandungan airnya banyak seperti semangka dan jenis buah pir tertentu.

Itu tadi 4 makanan yang harus dihindari saat batuk. Saat batuk, tetap penting untuk mencukupi kebutuhan gizi tubuh. Makanan yang baik saat sedang batuk antara lain sup hangat, sayuran yang mengandung vitamin C seperti brokoli dan tomat, dan pastinya minum air putih hangat yang cukup. Semoga bermanfaat.

Share.

Leave A Reply