Kamis, November 26, 2020
Beranda Teknologi Software Lapor Polisi Kini Lebih Mudah dengan Aplikasi Siaga Reserse

Lapor Polisi Kini Lebih Mudah dengan Aplikasi Siaga Reserse

RANCAH POSTPolda Metro Jaya sepertinya tidak ingin dikatakan udik. Mengikuti arus perkembangan zaman yang benar-benar pesat, kepolisian mulai melakukan inovasi dengan merilis sebuah aplikasi khusus yang dinamai Siaga Reserse. Aplikasi ini dibuat bertujuan untuk mampu merespon laporan masyarakat dalam hitungan 5 hingga 6 menit.

Komisaris Besar Polisi Rudy Heriyanto Adinugroho, selaku Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menjelaskan mengenai cara penggunaan aplikasi Siaga Reserse yang hadir untuk platform Android tersebut.

“Untuk penggunaan awal, cukup unduh aplikasi ini dari Play Store. Kemudian nanti saat dibuka, aplikasi ini akan meminta berbagai data seperti nama, alamat, dan data identitas lain. Hal ini penting demi mengidentifikasi identitas dari si pelapor,” ungkap Rudy dalam acara soft launching aplikasi Siaga Reserse di Polda Metro Jaya, Rabu (14/9) kemarin.

Pengguna juga akan diminta mengisi identitas kerabat atau keluarga terdekat. Hal ini juga tidak kalah penting, karena akan sangat berguna ketika pengguna tidak dapat dihubungi.

Ketika akan melaporkan kejadian kriminal, pengguna tinggal menekan tombol lapor, dan aplikasi ini akan meminta Anda mengambil foto kejadian. Namun untuk kejadian darurat dan mendesak, laporan bisa dikirim tanpa foto. Nanti pelapor bisa menuliskan kejadian pada kolom yang tersedia, semisal kejadian penjambretan, perampokan atau lain sebagainya.

Selain itu, aplikasi ini juga akan merekam wajah pengguna dan lokasi pelapor. Sehingga nantinya kepolisian bakal bisa langsung meluncurkan anggota ke lokasi TKP. Pengguna juga akan dihubungi sebelumnya, untuk memverifikasi laporan tersebut. Jika tidak bisa dihubungi, kepolisian akan menghubungi keluarga atau kerabat terdekat yang datanya sudah diinput pengguna sebelumnya.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Hendy F Kurniawan juga menegaskan bahwa aplikasi ini akan terus dikembangkan seiring dengan masukan dan permintaan dari masyarakat di lapangan.

Aplikasi Siaga Reserse ini sendiri memang merupakan terobosan baru dari pihak kepolisian, khususnya Polda Metro Jaya yang patut diapresiasi karena berpotensi bisa meningkatkan keinginan masyarakat untuk melapor. Seperti yang diketahui, kebanyakan masyarakat khususnya masyarakat menengah kebawah kerap enggan melaporkan kejadian atau tindakan kriminal ke polisi, karena menganggap prosesnya yang terlalu sulit dan berbelit-belit. Dan untuk kejadian daruratpun, tidak banyak masyarakat yang mampu menghubungi polisi, baik karena tidak memiliki nomor telepon kepolisian terdekat atau dianggap terlalu repot.

Diharapkan, dengan adanya aplikasi Siaga Reserse ini, pelayanan dari kepolisian bisa lebih cepat dan meningkat, serta membiasakan budaya melapor di kalangan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here