RANCAH POST – Ya, Omran Daqneesh namanya. Bocah berusia 5 tahun ini merupakan korban selamat serangan udara tentara pemerintah dan menjadi saksi betapa menderitanya penduduk Kota Aleppo, Suriah.

Foto memilukan tersebut kemudian menjadi viral di media sosial dan membuat dunia melakukan kecaman. Alhasil Rusia yang menjadi sekutu Suriah pun selama kurun waktu 48 jama akan segera memberlakukan ‘jeda kemanusiaan’.

Dalam foto yang beredar, Omran Daqneesh terlihat duduk di kursi sebuah ambulan dengan ekspresi kosong usai diselamatkan oleh seorang relawan. Wajah Omran Daqneesh terlihat berlumuran darah akibat luka pada kepalanya. Ia pun sempat menyeka wajahnya dan melihat darah yang menempel di tangannya.

Meski Omran terluka dan harus merasakan kejadian yang mengerikan dan mungkin tak akan dilupakan sepanjang hidupnya itu, ia sama sekali tak menangis atau pun meringis kesakitan. Omran Daqneesh hanya duduk diam membisu.

Foto Omran itu dirilis oleh aktivis suriah yang menyelematkannya dari bangunan yang porak poranda akibat gempuran serangan udara di Aleppo. Tak hanya dalam foto, dalam video yang beredar itu pun, Omar terlihat linglung dengan darah yang mengucur dari kepalanya.

Media pro oposisi menyebutkan foto Omran Daqneesh itu diambil pada Rabu silam di distrik Qaterji, wilayah yang dikuasai pemberontak. Dalam serangan itu, 12 orang terluka dan 3 lainnya meninggal dunia.

Share.

Leave A Reply