RANCAH POSTHasil MotoGP Assen 2016. Mengejutkan, Jack Miller berhasil keluar sebagai kampiun dalam balapan yang berlangsung cukup alot akibat guyuran hujan yang digelar pada hari Minggu (26/6) di Assen, Belanda. Sementara itu, Valentino Rossi crash dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Balapan seri Belanda di bawah rintik-rintik hujan dan lintasan yang masih basah membuat balapan sedikit terlihat alot dan membosankan. Namun, sebuah kejutan ditampilkan oleh pembalap Yonny Hernandez yang berhasil mengambil alih pimpinan balapan dari Valentino Rossi.

Di depan, Hernandez melenggang sendiri tanpa ada pengawalan ketat dari pembalap lain. Sementara di urutan kedua, Valentino Rossi mendapat gangguan dari pembalap Ducati, Andrea Dovizioso yang juga dikuntit oleh Danilo Petrucci di posisi keempat.

Memasuki lap kesepuluh, Andrea Iannone akhirnya mampu melewati The Doctor di trek lurus. Sial dialami Yonny Hernandez yang harus terjatuh di lap kesebelas, kendati dapat melanjutkan balapan ia harus terima menjadi tercecer di posisi 21.

Di grup terdepan, tiga pembalap mati-matian memperebutkan posisi nomor satu. Salip menyalip terjadi antara Valentino Rossi dan Danilo Petrucci. Tak berapa lama, pembalap keempat Scott Redding pun nimbrung di grup terdepan. Head to head dipertontonkan Rossi dan Redding.

Memasuki lap keempat belas, bendera merah dikibarkan pertanda balapan dihentikan sementara akibat hujan yang semakin deras. Setelah rehat beberapa menit menunggu hujan reda, akhirnya balapan kembali dilanjutkan untuk melahap sisa duabelas lap terakhir.

Balapan kembali dimulai dengan dipimpin Andrea Dovizioso, Petrucci, dan Valentino Rossi. Tak perlu berselang lama, The Doctor berhasil melewati pembalap Ducati mengambil alih tampuk pimpinan balapan. Sementara itu, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil memperbaiki posisi dengan menduduki urutan ketiga.

Sayang seribu kali sayang, Dovizioso yang tengah terlibat pertarungan dengan Rossi, harus terjatuh. Meski tak lama kemudian, Valentino Rossi pun menyusul pembalap Ducati ke gravel, terjatuh saat tengah memimpin balapan hingga keduanya tidak bisa melanjutkan jalannya balapan.

Pembalap terdepan menyisakan Marc Marquez dan Jack Miller yang bertarung ketat memperebutkan posisi pertama. Marquez akhirnya bertekuk lutut pada Jack Miller dan menyerahkan pimpinan lomba.

Akhirnya, Jack Miller berhasil finish di urutan pertama, disusul Marc Marquez di urutan kedua, dan Scott Redding sukses mengamankan posisi ketiga MotoGP Belanda 2016. Sementara itu, Pol Espargaro dan Andrea Iannone masing-masing finish di urutan keempat dan kelima.

Selengkapnya hasil MotoGP Assen Belanda 2016 dapat disimak berikut di bawah ini sebagaimana dilansir situs resmi MotoGP, Minggu (26/6).

Hasil MotoGP Assen 2016

1 Jack MILLER
2 Marc MARQUEZ
3 Scott REDDING
4 Pol ESPARGARO
5 Andrea IANNONE
6 Hector BARBERA
7 Eugene LAVERTY
8 Stefan BRADL
9 Maverick VIÑALES
10 Jorge LORENZO
11 Tito RABAT
12 Dani PEDROSA
13 Bradley SMITH

Not Classified
Alvaro BAUTISTA
Michele PIRRO
Valentino ROSSI
Aleix ESPARGARO
Andrea DOVIZIOSO
Danilo PETRUCCI

Not Finished 1st Lap
Cal CRUTCHLOW

Not Starting
Yonny HERNANDEZ

Itulah lengkap sudah hasil MotoGP Assen 2016. Selanjutnya, seri kesembilan balapan motor paling bergengsi ini akan digelar di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada hari Minggu (17/7) mendatang. See ya!

Share.

Leave A Reply