Kamis, 2 Juli 2020
Beranda Teknologi Google Doodle Mengenal Sosok Phoebe Snitsinger yang Jadi Tokoh Google Doodle Hari ini

Mengenal Sosok Phoebe Snitsinger yang Jadi Tokoh Google Doodle Hari ini

RANCAH POSTGoogle Doodle Hari ini Rayakan Hari Lahir Phoebe Snetsinger ke-85. Ada animasi menarik jika Anda melihat Google Doodle hari ini. Ada sejumlah burung lucu dan seorang yang tampaknya adalah pengamat sedang meneripong dari kejauhan. Lalu, apakah makna dibalik Google Doodle tersebut?

Tepatnya, animasi tersebut dibuat sebagai penghargaan sekaligus merayakan hari lahir Phoebe Snetsinger, sang tokoh yang terlihat sedang meneropong dalam animasi tersebut. Lalu siapakah Phoebe Snetsinger ini?

Ia adalah seorang pengamat burung asal Amerika Serikat. Beliau dikenal dunia karena telah berhasil mencatat dan mengamati lebih dari 8.398 spesies burung sepanjang hidupnya. Dan hebatnya lagi, menurut catatan American Birding Association, saat ini tercatat ada sekitar 10.000 spesies burung di seluruh dunia yang telah ditemukan. Dengan demikian, Snetsinger telah menemukan sebagian besar, atau sekitar 80% burung yang hidup di zamannya.

Kisah hidup Phoebe Snetsinger ini juga cukup menarik. Ia lahir pada 9 Juni 1931 silam dan merupakan putri dari seorang yang paling berpengaruh di dunia periklanan, yakni Leo Burnett. Ia juga mendapatkan sebagian kekayaan dari ayahnya, yang selanjutnya ia gunakan sebagai modal untuk berkeliling dunia mengamati setiap burung di seluruh penjuru dunia.

Menariknya lagi, minat Phoebe tergadap bidang pengamatan burung ini tidak begitu saja muncul. Ia sempat sedikit tertarik ketika pertama kali mengamati burung Blackburnian Warbler pada tahun 1975, namun saat itu ia hanya sedikit tertarik dan belum begitu serius.

Kemudian pada tahun 1981, ia didiagnosis mengidap kangker kulit. Tampaknya hal ini menjadi pemicu tersendiri akan keseriusan Snatsinger untuk mendalami bidang tersebut. Ia kemudian memutuskan untuk melakukan perjalanan pertamanya ke Alaska, dan dilanjutkan ke seluuh penjuru dunia,.

Ada satu kisah paling menarik dan mengejutkan dari perjalanan Phoebe Snetsinger ini, dimana dalam perjalanannya ke Kenya yang hanya selama 3 pekan saja, Phoebe berhasil mendokumentasikan 500 spesies burung berbeda. Ini adalah sebuah pencapaian yang luar biasa sepanjang karirnya sebagai seorang pengamat burung.

Ia juga pernah mengalami kejadian tragis saat melakukan pengamatan di Papua Nugini. Saat itu dikabarkan bahwa pemandu perjalanannya dipukuli dan ia sempat diperkosa oleh 5 orang. Tragis memang, namun hal ini tidak lantas membuatnya berhenti melakukan perjalanna.

Hingga akhirnya ia harus mengakhiri karirnya dalam perjalanan terakhir di Madagaskar pada tahun 1999 silam. Saat itu ia hendak mendokumentasikan burung Helmet Vanga yang amat langka. Namun ia mengalami kecelakaan fatal yang mengakibatkan kematiannya pada tanggal 23 November 1999 di usia ke 68 tahun.

Phoebe Snetssinger juga sempat meninggalkan sebuah memoar berjudul Birding on Borrowed Time yang selanjutnya diterbitkan pada tahun 2003 lalu oleh American Birding Association.

Mengenal Sosok Phoebe Snitsinger yang Jadi Tokoh Google Doodle Hari ini

Perjalanan panjang Phoebe Snetsinger ini benar-benar menginspirasi dan pantas untuk diapresiasi. Sehingga tidak mengherankan, jika Google memilij untuk merayakan hari lagi Phoebe Snetsinger yang ke-85 ini dengan mengangkatnya dalam Google Doodle hari ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,407FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,264PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan