Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Teknologi Google Doodle Mari Kenali Lotte Reiniger, Tokoh pada Google Doodle Hari Ini

Mari Kenali Lotte Reiniger, Tokoh pada Google Doodle Hari Ini

RANCAH POSTCoba Anda cek laman pencarian Google, Pasti Akan ada yang berbeda dengan Google Doodle hari ini jika Anda melihat kelaman pencarian Google. Jika biasanya Google Doodle dihiasi dengan gambar, sketsa atau sebuah slide, maka hari ini Google Doodle dihiasi dengan video animasi siluet yang cukup menarik.

Setelah RancahPost melakukan penelusuran, rupanya hari ini adalah hari spesial, dimana Google memperingati hari lahir Lotte Reiniger yang ke-117 yang merupakan tokoh wanita berpengaruh di dunia. Selain sebagai tokoh wanita berpengaruh, perempuan bernama lengkap Charlotte Reiniger ini juga merupakan seorang yang berjasa dalam perkembangan dunia perfilman. Ia adalah seorang sutradara ternama asal Jerman yang menjadi pelopor film animasi siluet yang kini kental dengan Walt Disney.

Lotte Reiniger sendiri lahir di Berlin-Charlotenburg, Jerman pada tanggal 2 Juni 1899 silam. Dan jika Anda merupakan pencinta dari animasi-animasi keluaran Walt Disney, maka sebaiknya Anda juga mengenal Lotte, karena dialah pelopor dibalik animasi siluet pertama, yang juga merupakan sutradara pertama yang menggunakan teknik animasi siluet.

Tahun 1921 ia memutuskan untuk menikah dengan Carl Koch, yang kemudian menjadi partner kreatifnya dalam menjajak karir di dunia animasi. Bersama, sepasang suami istri tersebut mampu saling berinteraksi dan bertukar inspirasi serta ide dengan sejumlah seniman dan filsuf besar seperti Berthold Bartosch, Bertolt Brecht dan seniman avant-garde Hans Curlis.

Lotte Reiniger juga dikenal memiliki jejak karir yang cukup gemilang. Salah satu karya terkenalnya sebagai seorang sutradara adalah sebuah film berjudul The Adventures of Prince Achmed (1926) dan film Papageno (1935) yang latar musiknya sendiri dibuat oleh komponis legendaris, Wolfgang Amadeus Mozart.

Lotte Reiniger juga dikenal sebagai sosok seorang sutradara yang pantang menyerah dan cinta tanah air. Saat rezim Nazi menguasai Jerman, ia sempat memilih hijrah ke Roma dan Paris guna mencari perlindungan. Namun saat kondisi mulai mereda, ia kembali ke Jerman, hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di kota Dettenhausen, Jerman pada tanggal 19 Juni 1982 di usianya yang ke-82 tahun.

Nah, itulah sosok Lotte Reiniger yang menjadi tokoh dibalik Google Doodle hari ini. Video yang dijadikan Doodle di laman utama Google sendiri dibuat untuk mengenang dan menghargai karya serta jasanya dalam perkembangan industri Animasi yang bisa dikatakan saat ini masih menduduki puncak kejayaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,201FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan