Sekedar Ngingetin Aja, Ini Niat Puasa Ramadhan Bagi Kamu yang Mau Puasa

0
Niat Puasa Ramadhan
Niat Puasa Ramadhan

RANCAH POST – Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan kedatangannya oleh setiap Muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan sangat diidam-idamkan kedatangannya lantaran bulan ini adalah bulan di mana dilipatgandakannya pahala dari setiap amal kebaikan yang dilakukan oleh seorang Muslim. Tak hanya amal saja yang dilipatgandakan, bulan Ramadhan pun adalah bulan yang penuh dengan ampunan

Untuk tahun 2016, ibadah puasa Ramadhan dilaksanakan pada 6 Juni 2016 sebagaimana hasil sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Nah, salah satu bagian penting dari pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan ini adalah niat puasa. Niat puasa ini merupakan salah satu rukun dalam menjalani ibadah puasa. Biasanya, sebagian besar umat Muslim membaca niat puasa Ramadhan ini seusai shalat Tarawih. Hal ini mereka lakukan menghindari lupa membaca niat puasa Ramadhan sesusai makan sahur. Namun yang pasti, niat puasa Ramadhan ini harus dilakukan setelah sahur atau sebelum imsak.

Dalam ajaran Islam, puasa merupakan rukun Islam yang keempat dan menjalankan ibadah puasa wajib hukumnya. Oleh karenanya niat puasa Ramadhan ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan itu sendiri.

Niat puasa sebenarnya sudah biasa dan tak asing lagi seorang Muslim yang melaksanakan ibadah puasa. Berikut ini niat puasa Ramadhan yang selama ini kita baca, “Nawaitu shouma godhin an adaa’i, fardhu syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi taaalaa’. Bila terjemahkan, kurang lebih seperti ini ‘Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa Ramadhan tahun ini karena Allah Taala’.

Dengan dibacanya niat puasa, ibadah puasa kita akan lebih baik. Namun tak hanya membaca niat puasa Ramadhan dan berpuasa saja, shalat Tarawih pun hendaklah kita laksanakan agar ibadah puasa Ramadhan kita semakin sempurna dan semakin menambah dan berlipatgandanya pahala setiap amal kebaikan yang kita lakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here